Jelang Libur Lebaran, Polri Gelar Latpraops Ketupat 2023

JAKARTA,MENITINI.COM-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat 2023 di gedung NTMC Polri, Jakarta. Latpraops diikuti oleh 200 personel dan 8 instruktur dari masing-masing satuan antara lain Korlantas Polri, Korbrimob, Korbinmas hingga Korsabhara.

Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan latihan praoperasi terkait pengaturan jalur lalu lintas dan pengamanan tempat ibadah dan wisata.

“Kita harapkan personel lebih terampil karena Operasi Ketupat adalah operasi harkamtibmas, latihan ditujukan bagaimana kita memelihara kamtibmas di seluruh Indonesia,” kata Asops Kapolri seperti dikutip dari laman Humas Polri, Rabu (12/4/2023).

Asops Kapolri menambahkan, personel akan ditempatkan bersama dengan personel satgas yang ada di tingkat Polda dan Polres. Harapannya manajemen pengelolaan personel, peralatan dan sistem dapat terkelola dengan baik.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Tinjau Training Center PSSI di IKN

“Melalui latihan praoperasi ini kita tingkatkan profesionalisme dan sinergitas Polri dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” sambung Asops Kapolri.

Sementara itu, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan satgas Kamseltibcarlantas akan diberikan materi teknis pengaturan dan penjagaan lalu lintas.

“Personel juga diberikan pembekalan dan dilatih terkait rekayasa lalu lintas termasuk contraflow atau Oneway,” ujar Dirgakkum.

Untuk jalur arteri, Mabes Polri menerjunkan personel dari satuan Sabhara. Personel Sabhara ditempatkan selain untuk pengaturan lalu lintas di pintu tol juga pengamanan di jalur arteri.

Latpraops dibuka langsung oleh Asops Kapolri turut dihadiri Kakor Sabhara Irjen Pol Priyo Widyanto, Karo Penmas Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Dirsamapta Korsabhara Brigjen Pol Rudi Antariksawan, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi dan jajaran pejabat utama Mabes Polri. (M-011)

  • Editor: Daton