Rabu, 29 Mei, 2024

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berfoto bersama usai membuka International Health Conference (IHC) di Grand Hyatt Hotel Nusa Dua, Bali, Jumat (10/11/2023). (Foto: Kemenkes)

NUSA DUA MENITINI.COM-Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka International Health Conference (IHC) di Grand Hyatt Hotel Nusa Dua, Bali, Jumat (10/11/2023).

IHC merupakan kongres dunia pertama yang diinisiasi oleh Prof. dr. Deby Vinski, M.Sc, Ph.D pemimpin Badan Akreditasi Anti-aging Dunia atau World Council for Preventive, Regenerative and Anti-aging Medicine (WOCPM) dan World Council of Stem Cell (WOCS).

IHC menjadi ajang pertemuan berbagai asosiasi kedokteran di seluruh dunia yang terdiri dari dokter, profesor, dan juga komunitas di bidang kedokteran yang bertujuan membentuk paradigma baru untuk kesehatan dunia.

Menkes Budi mengapresiasi terselenggaranya IHC dan berharap bisa menjadi pembelajaran bagi dokter dan tenaga kesehatan di Indonesia.

“Saya berharap acara seperti ini bisa dilakukan lebih banyak lagi, mengundang para ahli dunia ke Indonesia sehingga para dokter dan tenaga kesehatan bisa terekspos dengan standar-standar kesehatan dunia,” ujar Budi Gunadi usai membuka kegiatan tersebut, Jumat (10/11/2023).

Terselenggaranya IHC di Nusa Dua, Bali diharapkan pengembangan wisata medis di Bali semakin maju agar semua target pembangunan dapat tercapai dan dapat meningkatkan devisa negara.

Prof. Deby Vinski mengatakan IHC ini merupakan wadah bertukar pikiran bagi pakar kedokteran dalam banyak hal terutama regeneratif medis dan stem cell.

“Pertemuan ini merupakan bentuk awal dalam implementasi UU Kesehatan Omni Buslaw yang baru disahkan, dimana kongres ini mendapatkan sertifikat dengan 12 SKP Kementerian Kesehatan RI dan CME WOCPM & WOCS bagi para peserta yang mengikutinya,” ucap Prof. Deby.

Dalam acara tersebut dilakukan juga penandatanganan MoU secara nasional oleh President of the Conference Prof Deby Vinski dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes, dan Direktur RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah dr. I Wayan Sudana, Mkes.

Dilanjut juga penandatanganan MoU secara internasional oleh President World Council for Preventive, Regenerative and Anti-aging Medicine (WOCPM) Paris & World Council of Stem Cell (WOCS) Prof Deby Vinski dengan International Society of Dermatologic Surgery (ISDS) Prof. Maria Cristina Puyat, EFHRE International University (EIU) Prof. Dr. Jaime Rodríguez Quintosa, Association of Honorary Consuls to Indonesia (AHCI) HE. Mr. Maxi Gunawan, dan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

  • Sumber: Kemenkes
  • Editor: Daton