Hadapi Hepatitis Akut Bergejala Berat Pada Anak, Kemenkes Perkuat Fasyankes

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (foto: ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memperkuat fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) menghadapi kasus hepatitis akut bergejala berat yang belum diketahui penyebabnya.

“Penguatan fasilitas layanan kesehatan dengan adanya rumah sakit rujukan untuk penanganan kasus hepatitis akut yang berat seperti Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Jumat (06/05/2022) seperti dikutip Antaranews.

Nadia mengatakan upaya memperkuat fasyankes di seluruh daerah merupakan langkah strategis pemerintah untuk mencegah penyebaran kasus hepatitis akut. Termasuk pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan diagnosis pasti terkait penyebab hepatitis akut berat ini.

Kemenkes telah menunjuk Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen hepatitis akut.
Selain itu, Kemenkes juga telah mengirimkan surat kewaspadaan kepada Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota yakni Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya.

BACA JUGA:  7 Tips Merawat Kesehatan Vagina untuk Cantik Luar Dalam

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*