Freddy Leiwakabessy Lolos, Pimpin Unpatti 

AMBON,MENITINI.COM – Prof. Dr. Freddy Leiwakabessy, M.Pd lolos terpilih menjadi Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, periode 2023-2027 dalam rapat paripurna senat pemilihan calon rektor di kampus kebanggaan orang Maluku itu.

“Berdasarkan hasil perhitungan suara, calon nomor urut dua, Freddy Leiwakabessy memperoleh suara terbanyak di antara dua calon rektor lainnya,” ujar Ketua Senat Unpatti Prof Nirahua di Ambon, Selasa (7/11/2023).

Lulusan S3 Universitas Airlangga tahun 2005 ini ditetapkan sebagai rektor terpilih berdasarkan Keputusan Senat Universitas Pattimura Nomor 11/UN13.V/SK/2023.

Prof Nirahua menjelaskan Prof Freddy Leiwakabessy terpilih karena mengantongi 66 suara dari 109 hak suara para senat dan 35 persen rekomendasi kementerian.

BACA JUGA:  Kementerian Agama Beri Apresiasi Para Operator EMIS 4.0 Teladan Nasional 2023

Sementara calon rektor nomor urut satu Prof Jusuf Madubun memperoleh 16 suara dan calon nomor urut tiga Prof Izaak Wenno memperoleh 27 suara.

“Senat Unpatti mengucapkan selamat atas terpilihnya Prof Freddy Leiwakabessy sebagai Rektor Unpatti selama empat tahun ke depan,” kata Nirahua.

Sementara itu dalam pidatonya sebagai Rektor Unpatti terpilih periode 2023-2027, Prof Freddy Leiwakabessy mengatakan amanat yang diberikan kepadanya sebagai rektor terpilih akan difungsikan dengan baik untuk kemajuan Universitas Pattimura.

“Tentunya saya tidak bisa berjalan sendiri, mari kita bergandengan tangan untuk sama-sama membangun Unpatti agar semakin maju ke depannya,” ajak mantan wakil Rektor Bidang akademik. 

Dalam visi misi yang pernah disampaikan, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd bertekad menjadikan Unpatti sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia Timur, menjadi center of excellence, world class university, dan pusat kajian untuk pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, serta menjadikan Unpatti sebagai universitas kebanggaan orang Maluku, dan dan mendorong revitalisasi ke PTN-BH.

BACA JUGA:  Praktik Pembelajaran di SMK Negeri 5 Kupang Diapresiasi Presiden

Hadir dalam rapat paripurna senat tersebut Direktur Sumber Daya Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek M Sofyan Effendy. (M-009).

  • Editor: Daton