Dua WNA Tenggelam di Nusa Penida Akibat Terseret Arus

Diamond Beach
Diamond Beach Nusa Penida. (Foto: Menitini/M-006)

DENPASAR, MENITINI.COM-Dua warna negara asing dinyatakan hilang terseret arus laut di Pantai Diamond Beach Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali. Keduanya dinyatakan hilang sejak Selasa (3/1/2023) sekitar pukul 12.00 WITA. 

Adapun identitas korban yaitu Yury Chernyavskiy yang merupakan warga negara Jerman, dan  Matthias Mittringer yang merupakan warga negara Austria. Koordinator Tim SAR Unit Nusa Penida, Cakra Negara mengatakan, keduanya dinyatakan hilang setelah menolong seorang WNA lainnya bernama Daniel yang terseret arus saat mandi di pantai yang sama. Setelah upaya pertolongan bersama dengan beberapa turis lainnya, kedua korban ternyata malah diseret ombak dan menjauh bibir pantai.

“Maksudnya mau menolong temannya yang tadinya tenggelam malah kedua WNA tersebut yang kecebur dan hilang. Hal yang sama terjadi dengan sepekan sebelumnya, WN asal Malaysia yang ingin menolong temannya malah menjadi korban,” ujarnya.

BACA JUGA:  Puncak KTT G20, Basarnas Siagakan Ratusan Personil di Darat, Laut, Udara

Sebab baru sepekan yang lalu, Warga Negara Malaysia yang menjadi korban tenggelam setelah berusaha menolong wisatawan lain yang terseret arus pantai di lokasi yang sama.  Kini kembali terjadi dua korban wisatawan asing tenggelam setelah terseret arus laut di Pantai Diamond Beach, Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung sejak (3/1/2023) lalu.

Ia mengatakan, hari ini sudah hari ketiga pencarian namun belum membuahkan hasil. Pencarian dilakukan oleh dua tim. Satu tim meneropong dari atas tebing untuk memantu. Satu tim dengan perahu RIB menyisir seluruh perairan Nusa Penida sampai ke arah timur sesuai dengan arah arus laut. Namun pencarian dengan perahu belum maksimal karena terkendala cuaca yang buruk. “Ombak laut cukup tinggi. Selain itu hujan deras dan angin kencang sehingga perahu sulit bermanuver di tengah laut. Pencarian akan kembali dilanjutkan besok,” ujarnya, Kamis (5/1/2023).

BACA JUGA:  Bali Targetkan 145 Ribu Kendaraan Listrik Berbasis Baterai di Tahun 2026

Menurut keterangan di lokasi, salah satu warga setempat yang pertama kali melihat korban, sekira pukul 12.00 Wita yang terselamatkan bernama Daniel Hrdliczka yang sedang melaksanakan aktifitas renang di lokasi tersebut. Namun setelah beberapa saat Daniel terseret arus kemudian diselamatkan oleh empat orang rekannya sesama WNA.  Namun dua WNA yang ikut menyelamatkan Daniel terseret arus ombak kemudian hanya tiga WNA yang kembali ke pesisir pantai.

Tim yang terlibat meruoakan gabungan dari Personel Polsek Nusa Penida, Basarnas Pos Nusa Penida, TNI, dan BPBD masih berada di lokasi pencarian korban, serta penyidik dari Polsek Nusa Penida masih memeriksa  saksi-saksi termasuk rekan korban mengenai peristiwa ini. Seperti diketahui seminggu lalu warga Negara Malaysia juga terbawa arus dan hilang di Pantai Diamond Beach, Desa Pejukutan, Nusa Penida ketika menolong dua orang wisatawan asing yang terseret ombak, dan jasad korban ditemukan oleh Tim SAR keesokan harinya. M-006

BACA JUGA:  Kaki Keram, Pria Paruh Baya Tewas Tenggelam di Pantai Padanggalak