Minggu, 14 Juli, 2024

(Foto: Istimewa)

JAKARTA,MENITINI.COM-Pembangkit listrik portabel, dikenal juga sebagai generator tenaga surya (solar generator), adalah perangkat berdimensi ringkas dan bertenaga baterai dengan berbagai outlet AC dan DC. Perangkat ini menjadi sumber listrik portabel, ideal untuk aktivitas di alam terbuka, berkemah, atau situasi darurat ketika listrik tidak tersedia.

Artikel ini mengulas peran pembangkit listrik sebagai perangkat yang mendukung kehidupan sehari-hari lewat pengalaman nyata pengguna yang bergabung dalam program BLUETTI Hero.

1. Pembangkit Listrik Portabel sebagai Sumber Listrik Cadangan di Rumah

Setelah pemadaman listrik menyebabkan kerusakan kulkas dan makanan terbuang sia-sia, Bobby Rogers menyadari bahwa dia membutuhkan solusi listrik cadangan di rumah yang dapat diandalkan. Pelanggan setia BLUETTI ini kembali menggunakan produk BLUETTI, pembangkit listrik berkapasitas besar AC200MAX.

Dengan sumber listrik portabel yang berdaya besar ini, Bobby pun tetap dapat menggunakan alat penyejuk udara, kulkas, dan lampu dengan lancar, baik ketika bersantai di rumah dan bekerja dari jarak jauh di mobil Jeep miliknya. Menurutnya, BLUETTI AC200MAX telah membuat “rumah saya bebas gangguan, aman, dan terlindungi”. Selain sumber listrik cadangan di rumah, Bobby juga membawa AC200MAX saat keluarganya berkemah dan piknik sehingga petualangan tetap aman dan seru di mana saja.

2. Pembangkit Listrik Portabel untuk Aktivitas di Alam Terbuka

Pagi penggemar aktivitas di alam terbuka seperti Mike Briney, pembangkit listrik portabel menjadi benda wajib agar tetap memperoleh sambungan listrik selama bertualang. Mike mengandalkan BLUETTI AC200 (produk pendahulu AC200MAX) dan EB3A untuk mendukung kegiatan di lokasi terpencil. Memakai AC200 dengan baterai ekspansi B230, dia dapat menyambungkan camper miliknya secara langsung pada perangkat kombinasi tersebut, serta memasok listrik untuk segala benda di dalam camper.

Ketika berkemah, dia juga menyambungkan panel surya pada unit tersebut agar pasokan listrik selalu tersedia di alam bebas. Musisi ini juga menilai BLUETTI AC200MAX bekerja senyap dan menjadi sumber listrik bebas emisi untuk peralatan musiknya, seperti gitar listrik, amplifiers, dan speakers. Dengan demikian, Mike dan grup musiknya dapat berlatih di dalam ruangan atau mudah menggelar penampilan secara langsung di alam terbuka.

Pembangkit Listrik Portabel untuk Bekerja dari Jarak Jauh

Bekerja dari jarak jauh kerap kali membutuhkan sumber listrik yang dapat diandalkan. Hal ini juga menjadi kebutuhan tenaga profesional seperti Danny Elassad, seorang pilot pesawat nirawak (drone). Bagi Danny, EB70 menjadi perangkat wajib. Ke mana pun dia pergi, kebanyakan di lokasi pedesaan dan terpencil, dia membawa EB70 sebagai sumber listrik bagi drone, kamera, telepon, dan benda-benda lain.

Danny menjuluki EB70 sebagai “Raja”, sebab mampu memasok listrik saat bekerja di area terpencil dan bepergian. Kisah yang sama ditemui Izabel Toth, pelatih anjing penyelamat. Sering bekerja di wilayah hutan dan area tanpa akses listrik, dia memakai BLUETTI AC200MAX untuk mengecas perangkat GPS, tracking collar, radio, dan laptop. Perangkat berdaya besar ini juga membantunya ketika membuat kopi dan memasak di alam liar sehingga berbagai perangkat dan dirinya memperoleh tenaga. *

  • Editor: Daton