Bule Pungut Makanan dan Buah Sisa Sesajen di Kuburan

Bule mungut makanan dan buah di kuburan

KUTA, MENITINI.COM– Beberapa waktu lalu, (10/4/2022) viral di media sosial, salah seorang bule memungut makanan dan buah di salah satu lokasi di Setra Asem Celagi Kuta. Makanan dan buah yang dipungut itu merupakan sisa sesajen upacara pitra yadnya (leluhur) di lokasi itu.

Dalam videp itu terlihat, bule itu memungut jajan dan buah  dimasukan di kantung plastik yang ia bawa. Bule yang diduga asal Vietnam itu kehabisan bekal dan tidak bisa pulang ke negara asalnya.

Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista dikonfirmasi Rabu mengatakan video bule yang memungut makanan sisa sesajen upacara itu direkam oleh warganya, yang kebetulan saat itu melaksanakan upacara pitra yadnya di setra Asem Celagi Kuta.

Video itu direkam karena merasa prihatin melihat bule itu yang seolah kehabisan bekal, sehingga makanan itu diambil dan dibawa dalam sebuah kantong plastik. “Jadi makanan itu sururudan saji di setra. Makanan itu memang layak makan, sehingga itu diambil bule itu. Tapi biasanya kita orang Bali jarang mau ambil makanan itu, karena makanan itu merupakan sajen persembahan di kuburan,” kata Wasista.

Ia sendiri belum mengetahui identitas bule, namun diperkirakan yang bersangkutan tidak tinggal di Kuta. “Usai memungut makanan, bule itu diketahui langsung meninggalkan lokasi dan berjalan ke arah Utara Pantai Kuta,”ucapnya 

Si bule ini sering dilihat warga meminta minta di daerah Kuta dan Denpasar. Bahkan ia sering nongkrong di di jalan patimura dan dekat toko modern.
Bule itu juga bukan tinggal di Kuta, sebab ia cenderung berpindah-pindah. Beberapa kali bule itu tidur di emper-emper toko di jalan patimura dan meminta-minta uang dan makanan.

Pihaknya berharap aparat terkait segera menyikap demi mencegah hal yang tidak diinginkan. Untuk itu imigrasi maupun pihak konsulat negara terkait segera menangani. “Kami harap hal semacam ini menjadi perhatian pemerintah, khususnya pihak imigrasi dan konsulat. Jangan sampai itu berdampak bagi wilayah dan menjadi beban bagi masyarakat kami,”katanya berharap. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*