Senin, 24 Juni, 2024
Gubernur Bali Wayan Koster dan Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra meninjau langsung arus mudik di di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana Bali Rabu (19/4/2023) siang. (Foto: M-0-11)

Gubernur Bali Wayan Koster dan Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra meninjau langsung arus mudik di di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana Bali Rabu (19/4/2023) siang. (Foto: M-0-11)

Memasuki H-3 arus mudik lebaran terus mengalami peningkatan utamanya penumpang dan kendaraaan yang menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk.

NEGARA,MENITINI.COM-Memasuki H-3 arus mudik lebaran terus mengalami peningkatan utamanya penumpang dan kendaraaan yang menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk. Bahkan padatnya volume kendaraan itu sampai mengakibatkan kemacetan dari hutan cekik ke pelabuhan.

Hal tersebut mendapat perhatian langsung Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra serta Gubernur Bali Wayan Koster yang didampingi Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna serta jajaran Forkopimda Jembrana memantau langsung arus mudik di area Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (19/4/2023).

Dalam pantauannya didapati antrean padat menuju pelabuhan Gilimanuk. Kapolda beserta rombongan lainnya juga menyapa secara langsung para pemudik yang sedang antre.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengungkapkan Pelabuhan Gilimanuk saat ini sudah memasuki kategori sangat padat. Kepolisian saat ini tengah bersinergi dengan instansi terkait untuk mengatasi masalah tersebut. “Saat ini ada 32 kapal ditambah 1 kapal dengan daya angkut lebih besar yang beroperasi. Ini kita harapkan akan membantu mengurai kemacetan yang terjadi disini,”ujarnya.

BACA JUGA:  Jaksa Agung ST Burhanuddin Lepas Mudik Bareng Jaksa Agung 2024

Selain itu sudah disiapkan alur untuk mengantisipasi kemacetan bagi kendaraan roda empat maupun roda dua yang ditampung terlebih dahulu di terminal kargo. “Terminal kargo ini bisa jadi tempat tunggu untuk beristirahat yang nyaman dan layak bagi para penumpang sebelum antrean menuju pelabuhan Gilimanuk. Termasuk tempat pembelian tiket juga disediakan disana,”ungkapnya.

Disamping itu mengatasi kemacetan di sepanjang rute arus mudik di Bali, pihaknya juga telah menempatkan 35 pos pengamanan yang tersebar di setiap titik rute arus mudik baik wilayah utara, barat, dan selatan.

“Ada 5.250 personel yang ditugaskan terdiri dari gabungan antara TNI/Polri dan instansi terkait. Kita optimis pola yang sudah disiapkan bisa memastikan kelancaran arus mudik di wilayah Bali,” sambungnya.

BACA JUGA:  Tinjau Pelabuhan Gilimanuk, Kapolri Minta Jajarannya Awasi Penjualan Tiket Liar

Sementara Wabup Patriana Krisna mengatakan arus mudik menuju pelabuhan Gilimanuk saat ini mengalami peningkatan signifikan. Untuk itu dirinya hadir secara langsung mengecek perkembangan arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk.

“Tadi bahkan Kapolda Bali dan Gubernur Bali ikut turun langsung memantau. Kita bersama-sama ingin pastikan para pemudik mendapatkan pelayanan maksimal di Bali khususnya di wilayah Jembrana,”pungkasnya.

Diakhir kunjungan, Kapolda Bali beserta rombongan juga turut menyerahkan bantuan sembako kepada personel yang bertugas dalam pengamanan arus mudik di Gilimanuk. (M-011)

  • Editor: Daton