Rabu, 29 Mei, 2024

Pesawat Airbus A380 sedang parkir di Ngurah Rai. (Foto: M-007)

DENPASAR, MENITINI.COM-Pesawat tipe Airbus A380 yang dioperasikan maskapai Emirates beroperasi secara reguler di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak tanggal 1 Juni 2023. Pada 100 hari pertama operasionalnya di tanggal 8 September 2023, Pesawat A380 milik Emirates telah melayani sebanyak 118.783 penumpang.

Hal tersebut disampaikan oleh General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan saat dikonfirmasi , Minggu malam (10/9/2023).

“Sejak operasional perdananya hingga saat ini, Pesawat Airbus A380 yang dioperasikan Emirates dengan rute Dubai – Bali – Dubai telah melayani 118.783 penumpang. Jumlah tersebut terdiri dari 58.938 penumpang yang datang dan 59.845 penumpang yang berangkat,” katanya. 

Bandara Ngurah Rai juga mencatat, pada rentang waktu tersebut, pesawat Airbus A380 telah melakukan 200 pergerakan pesawat. Secara detail, pesawat A380 tercatat 100 kali melakukan lepas landas dan 100 kali melakukan pendaratan di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dengan frekuensi terbang dua kali dalam satu hari (berangkat dan datang), angka keterisian atau load factor pesawat A380 yang dioperasikan Emirates mencapai 98 persen dengan rata-rata pelayanan kepada 602 penumpang per penerbangan. “Adapun kapasitas yang dimiliki oleh pesawat tersebut berjumlah 615 penumpang,” lanjut Handy.

BACA JUGA:  India Pasar Potensial, Nomor Urut Tiga Setelah Australia dan China

Mohammad Al Attar, Country Manager Emirates untuk Indonesia mengatakan, manajemen Emirates sangat antusias melayani penerbangan langsung ke Bali karena pergerakan penumpang yang sangat tinggi. ”Kami senang atas kinerja operasional A380 rute Dubai – Denpasar yang sangat baik dalam 100 hari beroperasinya pesawat tersebut. Besarnya kapasitas pesawat A380  mampu melayani banyaknya permintaan pelanggan yang bepergian dari dan ke Bali.

Hal ini dapat dilihat dari tingginya jumlah penumpang di kedua rute secara konsisten. Keberhasilan ini tidak mungkin tercapai tanpa kerja sama yang sangat baik dengan Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV dan PT. Angkasa Pura I di  Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Komitmen kami dalam menjaga kesempurnaan dan efisiensi merupakan kunci dalam berbagi pengalaman menjelajah kelas dunia. Emirates terus berupaya memberikan layanan terbaiknya kepada pelanggan kami di Indonesia,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Puncak Arus Balik Lebaran H+2, Bandara Ngurah Rai Layani 717.823 Pergerakan Penumpang

Phaknya siap untuk senantiasa memastikan kelancaran beroperasinya pesawat A380. “Aspek keselamatan dan keamanan merupakan prioritas utama kami dalam operasional penerbangan. Untuk itu kami telah lakukan beberapa penyesuaian seperti menyediakan area parkir pesawat khusus A380, pengecekan runway secara berkala, serta memastikan seluruh fasilitas di dalam terminal beroperasi dengan optimal,” ujarnya.

Untuk diketahui, pesawat Airbus A380 pertama kali beroperasi secara reguler di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 1 Juni 2023 oleh maskapai Emirates dengan rute Dubai – Bali – Dubai. Pesawat tersebut saat ini tercatat sebagai pesawat komersial penumpang dengan kapasitas terbesar di dunia. Pesawat Airbus A380 tersebut beroperasi terjadwal setiap hari dengan frekuensi dua kali yakni satu kali mendarat (Dubai-Bali) dan satu kali berangkat (Bali-Dubai). (M-007)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Reklamasi Bandara Berdampak Abrasi Kuta, Masyarakat Minta Segera Dibuatkan Ini