Sabtu, 18 Mei, 2024

Disdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama. (Foto: M-003)

DENPASAR, MENITINI.COM – Zaman serba canggih ini banyak dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk menarik keuntungan pribadi. Salah satunya dengan melakukan penipuan lewat telepon dengan modus bantuan beasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, mengimbau para orang tua/wali murid di Kota Denpasar mewaspadai upaya penipuan berkedok beasiswa yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. Modusnya menelepon orang tua siswa yang menyebutkan anak mereka mendapat beasiswa.

Pelaku penipuan berpura-pura mengaku dari pihak sekolah. Belum diketahui, dari mana pelaku mendapatkan kontak wali dan orang tua murid itu.

“Modus penipuan berkedok beasiswa ini bukan lagi hal baru di lingkungan sekolah. Pihak yang melakukan modus ini sangat lihai, karena mengatasnamakan sekolah,” ucap Agung Wiratama, Senin (13/5/2024).

BACA JUGA:  Gelar Lomba Debat dalam Peringatan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Jembrana

Ia mengatakan semua pihak sekolah dan orang tua siswa  jangan mudah percaya  dengan orang yang berjanji memberikan beasiswa. Cari tahu dulu kebenarannya dan konfirmasikan terlebih dahulu ke instansi terkait.

Apabila ada informasi melalui media, permintaan data-data siswa sebaiknya jangan dilayani, kecuali permintaan tersebut dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar dengan surat resmi. Menurutnya, orang tua siswa/wali murid jangan pernah mudah memberikan informasi tentang identitas diri terhadap siapapun yang tidak atau baru dikenal, apalagi mengatasnamakan instansi tertentu.

“Apabila ada hal yang mencurigakan sebaiknya dilaporkan ke instansi terkait agar dapat ditindaklanjuti,” ucapnya.

Terkait dengan hal itu, ia mengingatkan  dalam penerimaan beasiswa orang tua siswa sama sekali tidak dipungut biaya. (M-003)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Mayat Seorang Pria Ditemukan Dalam Kondisi Membusuk di Ambon-Passo