Minggu, 26 Mei, 2024

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI yang disematkan oleh Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian. (Foto: Istimewa)

DENPASAR,MENITINI.COM-Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima dua penghargaan Nasional pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII Tahun 2024 dilaksanakan di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Penghargaan diserahkan langsung Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian. Penghargaan tersebut meliputi Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI dan Penghargaan kepada Kota Denpasar atas Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atas Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD).

Mendagri RI, Tito Karnavian dalam sambutannya menjelaskan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom. Hal ini untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat. Berdasarkan prinsip dasar ini, otonomi daerah dirancang untuk mencapai tujuan kesejahteraan dan demokrasi.

BACA JUGA:  CNN Award, Kajati Bali Dr. Ketut Sumedana, S.H., M.H. Raih Best Justice Leadership

Di samping itu, perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan terobosan kebijakan dalam identifikasi dan perencanaan wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

“Di bidang kesejahteraan, desentralisasi bertujuan memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan ekonomis serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sementara itu, dalam demokrasi, desentralisasi mempercepat terwujudnya masyarakat madani melalui proses demokrasi yang lebih langsung,” ujar Tito Karnavian, sembari mengharapkan, semoga peringatan Hari Otoda ke- XXVIII ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dalam membangun bangsa dan negara yang berkelanjutan.*

  • Editor: Daton

TERKAIT