Juni 2022, Vaksinasi Dosis Lengkap Diharapkan Tembus 70 Persen

Presiden Jokowi saat disuntik Vaksin Covid-19. (foto: dokumen)

JAKARTA,MENITINI.COM-Sebanyak 56 persen masyarakat Indonesia sudah menerima vaksin dosis lengkap. 363 juta dosis vaksin covid-19 telah disuntikkan. Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam webinar Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional-Klaster Kedokteran, Kesehatan, dan Teknologi Biomedis, Sabtu (26/03/2022).

“Jadi 56 persen vaksin sudah lengkap dan kemudian diharapkan vaksinasi ini akan tercapai 70 persen pada Juni 2022 sesuai dengan rekomendasi dari WHO,” kata Dante seperti dikutip Medcom.id dalam seminar tersebut.

Berdasarkan data per hari Ini, 195.719.065 warga sudah disuntikan vaksin dosis pertama. Kemudian, 157.569.955 warga mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua. Sementara itu, vaksin booster atau dosis ketiga telah disuntikkan ke 19.650.168 orang.

BACA JUGA:  Ini Syarat Dosis Ketiga Vaksin Booster, Apakah Anda Sudah Layak?

Dante menegaskan meski lebih dari 56 persen warga sudah divaksin namun masih ada beberapa daerah yang perlu mengejar ketertinggalan. Sekaligus, mendorong warganya untuk divaksin dosis lengkap.

“Terdapat ada 15 provinsi yang telah mencapai lebih dari 70 persen dosis kedua. Akan tetapi baru 10 provinsi yang mencapai lebih dari 60 persen vaksin dosis kedua untuk lansia,” kata Dante.

Terdapat beberapa provinsi yang mesti mendorong warganya melakukan vaksin seperti Papua yang baru 27 persen. Kemudian, Papua Barat 40 persen, Maluku 41 persen, dan Maluku Utara 46 persen. dan lainnya. 

“Dosis lengkap untuk lansia sangat penting karena akan lansia sangat rentan terpapar. Jika terpapar maka kemungkinan besar harus dirawat di rumah sakit sehingga akan memengaruhi fatality rate,” kata Dante.

BACA JUGA:  KPK Ingatkan Megawati Lapor Lukisan Pemberian Prabowo

Sumber: Medcom.id

Editor: Ton

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*