Ujian Tulis Berbasis Komputer Penerimaan Mahasiswa Baru Unud Diikuti 1.145 Peserta

DENPASAR, MENITINI.COM – Universitas Udayana (Unud) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi, PPDS, Magister dan Doktor Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. UTBK yang terbagi menjadi tiga sesi ini dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Januari 2024 bertempat di lab komputer yang berada di Kampus Denpasar.

Adapun jumlah peserta yang terdaftar mengikuti UTBK sebanyak 1.145 orang yang terbagi pada sesi satu 335 orang, serta sesi dua dan tiga masing-masing 405 orang peserta. Terdapat dua materi yang diujikan dalam UTBK yang terdiri dari Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). Pelaksanaan UTBK yang berlangsung di Kampus Sudirman ditinjau langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Sabtu (20/1).

BACA JUGA:  Gelar Lomba Debat dalam Peringatan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Jembrana

Wakil Rektor Unud, Prof. I Gede Rai Maya Temaja, dalam kesempatan tersebut mengatakan, seleksi semester genap ini berlangsung selama dua hari yang terbagi menjadi tiga sesi untuk memfasilitasi semua pendaftar. Dengan seleksi ini yang nanti dilengkapi dengan seleksi kompetensi dan wawancara di masing-masing program studi akan menjadi saringan bagi para peserta untuk diterima sesuai dengan daya tampung masing-masing program studi. 

“Harapan ke depan dengan seleksi ini baik di tingkat universitas maupun di tingkat program studi, nanti mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas untuk digembleng di masing-masing program studi untuk menghasilkan luaran yang unggul, mandiri sesuai visi misi Universitas Udayana,” ujar Wakil Rektor.

BACA JUGA:  Cerita Dika Pinjamkan Topi Miliknya untuk Presiden Jokowi

Dari hasil pantauan di lapangan, secara umum pelaksanaan UTBK Unud sesi satu berjalan dengan lancar. Setelah mengikuti seleksi ini, para peserta akan mengikuti seleksi selanjutnya di program studi masing-masing yang terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Wawancara. Pengumuman kelulusan direncanakan pada tanggal 2 Februari 2024 mendatang. (M-003)

Editor: Daton