Senin, 15 Juli, 2024
Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud mengunjungi TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Selasa (23/5/2023) dengan didampingi Walikota Denpasar. (Foto: Istimewa)

Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud mengunjungi TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Selasa (23/5/2023) dengan didampingi Walikota Denpasar. (Foto: Istimewa)

DENPASAR,MENITINI.COM-Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, Bali dikunjungi oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud, Selasa (23/5/2023). Kunjunungan tersebut untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi uji coba yang telah dilakukan.

“Kami meninjau dan meningkatkan pemahaman tata kelola persampahan oleh pemerintah daerah, sehingga nantinya segera dapat dioperasikan secara optimal,” kata Restuardy seperti dikutip dari Berita ANTARA, Rabu (24/5/2023).

Ia mengatakan, nantinya dapat menjadi dasar untuk pengoperasian TPST nantinya secara 100 persen. Diharapkan TPST Kesiman Kertalangu ini bisa menjadi model. Pemerintah akan melaksanakan pembangunan TPST di seluruh Indonesia guna mengatasi permasalahan sampah yang menjadi perhatian dunia.

“Saat ini operasional di TPST Kertalangu terus ditingkatkan hingga 100 persen bahkan lebih, nanti optimalnya kami harapkan bulan Juni sudah siap semua untuk tiga TPST yakni TPST Tahura Suwung, TPST Padangsambian Kaja dan TPST Kesiman Kertalangu,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kolaborasi Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai dan Bawah Laut Tanjung Benoa

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengatakan, pembangunan TPST di Kota Denpasar merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam penanganan sampah.

Peninjauan tersebut, lanjut Jaya Negara juga untuk menginventarisasi dan memberikan rekomendasi dalam mendukung percepatan operasional TPST Kesiman Kertalangu. Pihaknya menekankan kepada Bali CMPP selaku pihak pengelola agar bekerja secara optimal sesuai komitmen yang disepakati sehingga permasalahan sampah di Denpasar bisa teratasi.

Jaya Negara optimistis dengan beroperasinya tiga TPST ini, yakni TPST Kesiman Kertalangu, TPST Tahura dan TPST Padangsambian Kaja, permasalahan sampah di Kota Denpasar bisa diatasi dengan optimal. Termasuk juga dukungan dari TPS3R serta bank sampah yang tersebar di desa/kelurahan. “Tentu kami berharap nanti dengan beroperasinya TPST di Kota Denpasar mampu mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar,” katanya.

BACA JUGA:  Sering Berbuat Onar dan Over Stay, Pria Asal Aljazair Ditangkap Imigrasi Ngurah Rai

Direktur Operasional Bali CMPP Andrean Raditha mengatakan saat ini TPST yang ada di Kota Denpasar secara bertahap operasionalnya terus ditingkatkan.

Hal ini sembari mengidentifikasi masalah yang timbul dalam pelaksanaannya. Termasuk juga mengevaluasi pola, proses pengolahan hingga penambahan mesin.

“Hari ini bisa dikatakan kita di atas uji coba, persiapan menuju operasional penuh di bulan Juni. Saat ini kapasitasnya di TPST Kesiman Kertalangu mencapai 270 ton per hari, bergerak menuju 450 ton per hari,” ujarnya. (M-003)

  • Editor: Daton
  • Sumber: ANTARA