Tingkat Partisipasi Pemilu di Bali, Badung 90, Tabanan 88 Persen

DENPASAR,MENITINI.COM-Pada Pemilu 2024, KPU Provinsi Bali menetapkan target partisipasi pemilih mencapai 83 persen. Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, I Gede John Darmawan mengaku optimis bisa mencapai target tersebut.

Mantan Ketua KPU Kota Denpasar ini menyatakan, dari hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten yang telah dilaksanakan, rata-rata partisipasi pemilih diatas 80 persen. Bahkan, ada yang 90 persen.  

“Partisipasi pemilih yang paling tinggi ada di Kabupaten Badung 90 persen, Kabupaten Tabanan 88 persen,” katanya.

Menurutnya, dari 9 kabupaten/kota di Bali, hanya Kota Denpasar yang dikhawatirkan lebih rendah dibandingkan daerah lainnya. Meski demikian, dirinya tetap yakin target yang telah dicanangkan bisa terpenuhi.

BACA JUGA:  Dukungan Giri Prasta Sukses Rebut Bali 1  Muncul di Baliho Ketua DPC Partai Demokrat Badung

Mengenai tahapan rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu 2024, John mengatakan bahwa sesuai jadwal yakni tanggal 8 Maret mendatang akan digelar Rapat Pleno di KPU Provinsi Bali.

Disebutkan, dari rapat pleno yang telah digelar di beberapa kabupaten, tak banyak yang protes dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara. Hanya protes dari para saksi terkait kejelasan dan sinkronisasi data.

“Rekapitulasi secara berjenjang telah dilakukan sesuai tahapan hingga rapat pleno berjalan lancar, dari protes yang ada tidak memberikan pengaruh besar terhadap hasil. Kita tetap berharap pelaksanaan Pemilu di Bali bisa berjalan aman, damai dan lancar,” tutupnya. (M-003)

  • Editor: Daton