Tawarkan Banyak Pengalaman Unik, Desa Wisata Jadi Kekuatan Pariwisata

desa wisata pengelipuran
Festival Penglipuran Village (PVF) 2019, Desa Penglipuran, Bangli, Bali. (Foto: dok. Kemenparekraf)

JAKARTA,MENITINI.COM-Kekuatan pariwisata saat ini terletak pada pedesaan. Hal tersebut disebabkan karena desa wisata menawarkan berbagai pengalaman unik untuk wisatawan.

Demikian diungkapkan oleh Pelaksana tugas Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Frans Teguh dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/06/2022).

 
“Kekuatan pariwisata saat ini terletak pada pedesaan. Hal ini dikarenakan desa wisata dapat menarik wisatawan karena menawarkan berbagai pengalaman unik dan atraksi menarik, ” ujar Frans seperti dikutip Antara.

Oleh sebab itu menurut Frans yang paling mendasar dan dkiperlukan dalam mewujudkan pariwisata yang berkualitas adalah dengan standar pelayanan.
“Para pelaku pariwisata tentu berharap para wisatawan merasa betah, nyaman, berkunjung dalam durasi yang lama bahkan akan datang kembali. Untuk itu aktivitas wisata yang ditawarkan harus memberikan pengalaman terbaik dan unik sehingga menarik bagi wisatawan,” ujarnya.

Sosialisasi Sadar Wisata menjadi bagian dari rangkaian Kegiatan Kampanye Sadar Wisata yang diinisiasi oleh Kemenparekraf dan didukung oleh Bank Dunia, dengan menyasar sebanyak 65 Desa Wisata dalam tahun 2022 dan 90 Desa Wisata pada tahun 2023.

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Florida Pardosi, mengatakan, selama ini Sadar Wisata telah lama menjadi landasan pengembangan kepariwisataan dengan pilar utama Sapta Pesona.


Namun perbedaannya dengan Kampanye Sadar Wisata kali ini adalah program dilakukan secara lengkap, komprehensif, lebih kekinian dan adaptif sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dengan adanya elemen pelayanan prima.

“Selain itu, kegiatan ini juga bersifat berkelanjutan dan berkesinambungan yang dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan, penyusunan program pengembangan desa wisata, pendampingan, penilaian hingga apresiasi. Kami juga menyasar warga yang mayoritas belum pernah mengikuti kegiatan sadar wisata sebelumnya,” kata Florida menjelaskan.

BACA JUGA:  Sebastian Salang: Kebijakan Kenaikan Tarif ke TNK Abaikan Kepentingan Masyarakat Lokal

Sumber: Antara