Luncurkan Kapal Cepat Rute Senggigi-Padangbai, Bupati: Pariwisata Lobar Siap Terima Turis

Aktivitas penumpang di Dermaga Senggigi
Aktivitas penumpang di Dermaga Senggigi. (foto: ist)

LOMBOK BARAT, MENITINI-Bupati Lobar H. Fauzan Khalid meluncurkan kapal cepat rute Senggigi-Padangbai, Kamis (23/6/2022). Sebelumnya Fauzan Bupati juga ikut dalam uji coba rute SenggigiNusa Penida.

Dengan rute Senggigi Padangbai itu, Bupati Fauzan mendapat surprise dari pihak Kapal Cepat Eka Jaya. “Ini Surprise, beberapa hari lalu kita coba kapal cepat dari Senggigi-Gili Gede-Nusa Penida, dan Insya Allah sedang diurus izinnya. Tetapi saya mendapat kejutan, justru Eka Jaya diam-diam memberi kejutan bagi kita dengan membuka jalur dari Senggigi-Padangbai tanpa gembar gembor. Mudah mudahan ini berkelanjutan,” ucapnya bahagia. 

Dengan mulai beroperas kapal cepat rute ini bupati berharap penumpang merasa nyaman sehingga Kawasan Senggigi dan Kabupaten Lobar secara umum menjadi ramai Kembali. “Mudahan penumpang mendapat pengalaman yang luar biasa, dan untuk Eka Jaya, keberlanjutannya yang kita harapkan. Ini bagian kontribusi bagi pariwisata Indonesia,” katanya.

BACA JUGA:  Pulau Bali Sandang Tujuh Predikat Sudah Mendunia, Apa Saja Itu?

Dikonfirmasi terkait kesiapan Pemkab Lobar dengan dibukanya rute baru tersebut, Fauzan Khalid menegaskan Kabupaten Lobar sudah siap lahir dan bathin. Dari sisi sarana pendukung, diakuinya bahwa dari infrastruktur (Dermaga) Pemkab Lobar sudah sangat siap, tinggal dipoles-poles sedikit. “Kesiapan yang lainnya tentu dari sisi mental,” ucapnya. 

Mengenai dermaga Senggigi yang belum bisa dipergunakan untuk sandar kapal besar, Bupati Lobar itu menyatakan bahwa Kepala Dinas Perhubungan Lobar sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk perbaikan dermaga baik di Senggigi maupun Gili Gede Sekotong. “Untuk sementara Kadis Perhubungan sudah mengajukan di APBD-P untuk renovasi dan perbaikan dermaga agar tidak lagi sandar di pasir. Dan sudah saya iyakan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Pelaku Pariwisata Gumi Sasak Gelar Konvoi Sambut Era Normal Baru

Ke depan, Pemkab Lobar akan melakukan komunikasi intens dengan Pemkab Klungkung guna melakukan Kerjasama. Untuk saat ini, kata dia, posisi masih antara investor dengan investor. “Belum G to G dengan Pemda Klungkung, karena ini bisnis, dan kami yakin para pengusaha sudah melihat peluang. Namun ke depannya komunikasi itu pasti dilakukan,” tegasnya. M-003