SYL Jadi Plt Menteri KKP Gantikan LBP

Syahrul Yasin Limpo Plt Menteri KKP

DENPASAR, MENITINI.COM Syahrul Yasin Limpo (SYL), Menteri Pertanian ditunjuk Presiden Joko Widodo  untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim. Sebelumnya, Luhut menjadi pejabat sementara yang menggantikan posisi Edhy Prabowo.

Penunjukan itu terungkap dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-918/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/12/2020 tertanggal 2 Desember 2020. Surat itu ditujukan kepada Syahrul. “Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden (Jokowi) berkenan menunjuk Menteri Pertanian untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim,” kata Mensesneg Pratikno dalam surat tersebut, dikutip Rabu (2/11/2020).

Dalam surat itu, Pratikno menerangkan penunjukkan Syahrul dilatarbelakangi oleh surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bernomor B-3863/MARVES/MARITIM/RT.01.00/XI/2020 tertanggal 22 November 2020. “Pada intinya, (Luhut) memohon izin kepada Bapak Presiden untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri pada tanggal 2-10 Desember 2020,”  kata Pratikno

BACA JUGA:  Lebaran Jadi Momentum Pertemuan Jokowi-Prabowo

Seperti diketahui, posisi tetap Menteri KKP saat ini masih kosong setelah Edhy Prabowo mengundurkan diri pada Kamis (26/11) lalu. Edhy mundur lantaran terjerat kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Edhy diamankan KPK setelah melakukan lawatan dinas dari Amerika Serikat. Ia ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (25/11) dini hari, bersama istrinya, Iis Rosita Dewi, dan 17 orang lainnya. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*