Selain Sebagai Bumbu Masak, Ketumbar Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang merupakan hasil dari kekayaan alam Indonesia. Bagi kalangan ibu rumah tangga, ketumbar merupakan bahan masakan yang wajib tersedia di dapur. Dengan ketumbar, aroma dan rasa masakan menjadi renyah dan memiliki cita rasa yang khas.

Selain sebagai bahan bumbu masakan, ketumbar ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman ketumbar memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, di antaranya adalah karbohidrat; protein; lemak; zat besi; kalsium; fosfor; vitamin A, B1 dan C.

Dari kandungan tersebut, ketumbar memiliki beberapa manfaat antara lain :

1. Menurunkan kadar gula darah
Ketumbar memiliki manfaat bagi para penderita gula darah yang tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, ketumbar mampu menurunkan kadar gula darah.

BACA JUGA:  Kasus Omicron Meningkat, Luhut Minta Orangtua Agar Anak-anak Segera Divaksin

2. Menurunkan kolesterol dan lemak jahat di dalam tubuh
Ya, bagi anda yang memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi, anda bis mengkonsumsi ketumbar ini secara rutin. Kandungan vitamin yang ada di dalam butiran ketumbar membantu menghancurkan lemak dan menurunkan kolesterol.

3. Membersihkan gigi dan Menghilangkan Bau Mulut
Jika anda memiliki masalah pada gigi dan mulut, air hangat yang diberi ketumbar bisa menjadi solusinya. Cukup digunakan untuk berkumur setiap hari, masalah kerak gigi dan bau mulut perlahan akan hilang.

4. Membersihkan ginjal
Khasiat ketumbar melalui kandungan yang ada di dalamnya juga mampu membantu menjaga kondisi ginjal. Meningkatkan kinerja ginjal dan membersihkan ginjal dari bakteri yang membahayakan.

BACA JUGA:  Indonesia Kembali Kehilangan, Dokter Naek Tobing Meninggal, Nyawa 19 Dokter Melayang Akibat Virus Corona

5. Kesehatan mata
Manfaat ketumbar yang lain adalah membantu menjaga kesehatan mata, menjaga mata dari iritasi dan melindungi mata dari bakteri. Cukup dengan meminum air hangat yang diberi ketumbar, maka mata anda akan dapat terhindar dari segala penyakit.

Cara memanfaatkan ketumbar untuk kesehatan :

1. Sediakan air hangat 1 gelas

2. Masukkan ketumbar ke dalam air hangat tersebut

3. Diamkan beberapa saat

4. Minum air hangat yang sudah berwarna kuning kecokelatan.

Demikian manfaat ketumbar bagi kesehatan. Lakukan cara memanfaatkan ketumbar tersebut setiap hari di pagi hari sebelum sarapan dan rasakan khasiatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*