Sebanyak 79 Ribu Personel Polri Siap Amankan Nataru

JAKARTA,MENITINI.COM-Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, sebanyak 79 ribu personel Polri akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Personel tersebut akan dibantu oleh 59 ribu personel TNI dan pemerintah daerah.

“Untuk personel polri 79 ribu dan TNI 59 ribu serta dibantu pemerintah daerah terdiri dari berbagai satgas, tadi juga rekan-rekan lihat kesiapan personelnya ini adalah langkah awal pengamanan Natal dan tahun baru, adapun bilamana ada bencana sudah dilakukan langkah-langkah antisipasi, TNI siap membantu kepolisian untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2024,” ujar Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto setelah Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

BACA JUGA:  Ciptakan Pemilu Damai, Polri Kerahkan 25 Ribu Personel Brimob

Agus juga menyampaikan bahwa Polri telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Salah satu langkah antisipasi tersebut adalah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang berpotensi mengalami kepadatan arus mudik dan arus balik.

“Kita tahu akan ada 107 juta orang yg akan mudik, dari tempat kritis salah satunya di Cipali, disitu ada traffic yg kita perhatikan dan dilakukan rekayasa lalu lintas, yg kedua di Ketapang Gili manuk, yg ketiga di merak,” ucap Jenderal Bintang Tiga tersebut.

Selain itu, Polri juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini dikarenakan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:  Indonesia Menangkan Penghargaan pada Gourmand Awards di Riyadh

“Dari riset banyak sekali yg menggunakan motor namun kita sarankan jangan mudik menggunakan motor oleh karena itu kita siapkan mudik gratis bagi masyarakat,” tutup Agus

Turut hadir di lokasi Menhub Budi Karya Sumadi hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi. Pejabat utama Mabes Polri juga turut hadir di antaranya Kabaharkam Polri Komjen Pol. M Fadil Imran, Kakorlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan, hingga Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto.

  • Sumber: Humas Polri
  • Editor: Daton