RSU GBM Klungkung, Rumah Sakit Pertama dengan Fasilitas Ambulans Laut

Tampak Loby depan RS GBM Klungkung

DENPASAR, MENITINI.COM Kabar gembira bagi warga Pulau Bali, khususnya Kabupaten Klungkung dan sekitarnya. Telah hadir  Rumah Sakit Umum Grha Bhakti Medika (RSU GBM) yang diresmikan 27 Juli 2020. Rumah sakit dengan fasilitas berstandar internasional ini berlokasi di Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.99, Desa Negari, Kec. Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. 

Rumah sakit type C ini, selain menyediakan fasilitas berstandar internasional dan pelayanan yang ramah pasien, juga menyediakan ambulans laut menjangkau pasien di tiga pulau; Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembonga. “Bisa jadi, ini rumah sakit pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas pelayanan ambulans laut untuk mengantar dan menjemput pasien lewat jalur laut,”kata Ketua PENA NTT Bali, Igo Kleden, Sabtu (29/8/2020).

Wakil Direktur RS GBM, dr. Donny Susanto,  membenarkan. Ia mengatakan, setelah resmi beroperasi ditengah pandemi Covid-9, RSU GBM menerima tantangan yang tidak mudah, karena harus membangun kepercayaan masyarakat. Mengingat kabupaten Klungkung yang membawahi wilayah Pulau Nusa Penida dan Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

“RSU GBM juga menyediakan fasilitas Ambulance laut. Salah satu spesialis RS GBM memiliki Ambulance laut. Kami siapkan lalu dihibahkan ke Pemda Klungkung untuk pengelolaannya. Sifatnya sinergisitas jadi nanti lewat dinas kesehatan akan membuat tata kelola untuk penggunaan ambulance laut dari pulau-pulau tersebut ke rumah sakit pemerintah atau ke RS GBM,” kata dr. Donny.

Lanjutnya, visi dari dokter Gede Eka Rusdi Antara, Ketua Dewan Komisaris untuk memberikan layanan terbaik. “Letaknya boleh di pinggir kampong. Namun rumah sakit ini layanan tidak kampungan. Kami memastikan semua  pelayanannya ramah pasien dan pengunjung. Masyarakat Klungkung dan Bali umumnya, dan masyarakat di Indonesia Timur silahkan datang dan membuktikan. Semua pasien kami layanan. Kami tidak membedakan,” ujarnya

BACA JUGA:  Terobosan Polres Buleleng, Sasar Nelayan, Gelar Vaksin Terapung di Atas Laut

Berbagai fasilitas ada di RSU Grha Bhakti Medika sepertin layanan rawat jalan, medical check up maupun rawat inap. Rumah sakit ini memiliki 107 tempat tidur yang dibagi dalam lima type kamar rawat inap dan tujuh bed intensif (NICU, PICU dan ICU).

Selain itu, sarana penunjang diagnostik yang modern seperti CT-Scan 32 slices, USG 4 dimensi, Endoskopi, Laboratorium dan didukung tenaga medis yang berkualitas dan profesional membuat Rumah Sakit ini ke depan akan jadi pilihan.

Demi mendukung program pemerintah dan menjawab kebutuhan masyarakat, Grha Bhakti Medika juga melayani pasien umum, BPJS, Asuransi dan ikatan kerjasama.

Lebih jauh dr. Donny pun menjelaskan, manajemen juga menyiapkan sistem informasi rumah sakit dan rekam medis dengan sistem digital. Hal ini untuk memungkinkan pasien melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan rumah sakit secara online.

Pelayanan Dasar RS GBM

Pelayanan UGD 24 jam yang dilengkapi dengan ruangan bedah minor yang sudah terstandarisasi serta Ambulance yang berstandar Advance Life Support

Berbagai pelayanan poliklinik dokter spesialis bisa diakses pagi sampai malam,

Ruangan Rawat Inap berbagai tipe kelas dari kelas III sampai Supervip

Ruang bersalin yang nyaman.  Ruang perawatan bayi sehat, bayi sakit yang terpisah dan NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Kamar operasi yang dilengkapi berbagai alat canggih seperti C-Arm dan Laser Urologi. Pemeriksaan penunjang seperti Rontgen, USG 4 D, CT Scan 32 Slices.  Laboratorium klinik dengan peralatan lengkap dan menggunakan sistem komputerisasi dan disertai dengan sarana Bank Darah  Instalasi Farmasi 24 jam. Staf Medis, Non Medis yang sudah terlatih dan bersertifikat di bidang masing masing. Fasilitas non medis lainnya yang sudah memenuhi persayaratan perijinan rumah sakit seperti; tempat penampungan sampah medis, non medis dan B3 yang terpisah dan sudah memiliki standar, ruang genset dan sistem pengolahan limbah yang baik.

BACA JUGA:  World TB Day 2022: 8 Investasi untuk Menghentikan TB dan Selamatkan Nyawa

RS GBM memiliki ruang dekontaminasi, Poliklinik skrining Covid19 dan ruang perawatan isolasi yang dilengkapi sistem penyaring udara (Hepa Filter). Manajemen rumah sakit juga memiliki sejumlah pelayanan unggulan berupa  Urology center, Bariatric center dan Dental center. “Urologi center meliputi, pelayanan tindakan Laser Urologi yang mana sebuah tindakan canggih di sistem perkemihan yang memungkinkan tindakan dilakukan tanpa operasi terbuka,”ujarnya

Sementara pelayanan Uroflometri, merupakan metode yang dipergunakan untuk mendeteksi kelainan saluran kemih bawah. Tidak hanya itu, tindakan Hemodialisis, dokter spesialis Urologi, dan Dental center yang meliputi pelayanan kesehatan gigi yang komprehensif”.

Rumah Sakit Umum Graha Bhakti Medika juga memiliki Bariatric center yang merupakan pelayanan komprehensif untuk mengatasi kondisi kelebihan berat badan. Layanan ini meliputi tindakan invasif,  exercise dan pengelolaan gizi yang baik, juga dilengkapi dengan pelayanan Beauty center. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*