Puan Maharani Ajak Pemuda Teruskan Cita-Cita Bung Karno Bangun Karakter Bangsa

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat dalam acara Wisuda Program Sarjana XX dan Program Magister Hukum IV UBK yang digelar di Balai Sudirman. (Foto: Ist/nr)
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat dalam acara Wisuda Program Sarjana XX dan Program Magister Hukum IV UBK yang digelar di Balai Sudirman.

JAKARTA,MENITINI.COM-Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak para wisudawan dan wisudawati untuk berpartisipasi membangun Indonesia saat menyampaikan orasi ilmiah dalam acara wisuda Universitas Bung Karno (UBK). Dalam orasi ilmiah dengan tema ‘Sarjana Unggul Berkarakter Pancasila Membangun Indonesia di Era Digital’, ia turut mengapresiasi pencapaian para wisudawan dan wisudawati (UBK).

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang baru saja mendapatkan ijazah dan gelar akademiknya. Hari ini sangat didambakan dan menjadi kebanggaan bagi para wisudawan dan wisudawati,” kata Puan dalam Wisuda Program Sarjana XX dan Program Magister Hukum IV UBK yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dengan total wisudawan/wisudawati yang hadir sebanyak 826 orang yang berasal dari 12 Program Studi terdiri dari 11 Prodi Program Sarjana dan 1 Prodi Program Magister Hukum, ia menceritakan prestasinya sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama sekaligus termuda. “Jangan takut berjuang sebagai perempuan. Kalau kalian punya cita-cita, insyaallah akan tercapai jika kerja keras dan disiplin,” tuturnya.

BACA JUGA:  PPP Serap Aspirasi Akar Rumput yang Dukung Ganjar Pranowo

Puan pun menyatakan, UBK telah secara nyata bergotong-royong dan bekerja bersama dalam mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurutnya, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bukanlah sekadar kecerdasan dalam ilmu pengetahuan, melainkan juga kecerdasan dalam hal kebudayaan.

Peraih gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU) Korea Selatan itu turut mengutip pernyataan Bung Karno dalam pidatonya di HUT RI tahun 1966. Menurut Puan, sang kakek menyatakan keahlian tentu diperlukan, tetapi keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa yang besar tidak akan dapat mungkin mencapai tujuannya.

“Sekali lagi, mutlak perlu Nation and Character Building. Memberikan self-respect kepada bangsa sendiri, memberikan self-confidence kepada diri bangsa sendiri, memberikan kesanggupan untuk berdikari,” tambah Puan mengutip Bung Karno.

BACA JUGA:  Sukseskan Bali Bangkit, Rumah Sakit Bhakti Rahayu Support Vaksinasi Massal di Hongkong Garden

Puan menyebut, UBK memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun Nation and Character Building. Peran tersebut untuk membangun kebersamaan yang dapat memberikan rasa cinta pada tanah air, memberikan rasa percaya diri sebagai bangsa, serta yang memberikan kesanggupan untuk berdikari dalam membangun kemajuan bangsa dan negara.

Sumber: Parmentaria