Presiden Jokowi Dianugerahi Penghargaan Global Citizen Award

presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

NEW YORK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Global Citizen Award di New York, Amerika Serikat (AS). Penghargaan tersebu diberikan lantaran Presiden Jokowi dinilai memiliki kontribusi besar terhadap kemanusiaan dan perdamaian dunia.

Global Citizen Award diberikan kepada Presiden Jokowi oleh Atlantic Council, sebuah organisasi yang bergerak di bidang kebijakan publik dan politik. Penghargaan diberikan pada Senin malam waktu New York di sela-sela rangkaian agenda Sidang Majelis Umum ke-77 PBB.

Atlantic Council menilai Presiden Jokowi berperan aktif dalam perdamaian dunia, termasuk saat mengunjungi Rusia dan Ukraina beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi juga dinilai berperan aktif dalam isu kemanusian.

Dalam penganugerahaan tersebut, Presiden Jokowi tidak dapat hadir sehingga diwakili oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Presiden menyampaikan pidato secara virtual, dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, baik kepada Atlantic Council maupun masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Pers Adalah Lokomotif Kemajuan Bangsa

“Sebagai Presiden, saya sangat dibantu oleh masyarakat Indonesia yang majemuk, damai, bersatu, dan bergotong royong dalam sistem politik yang demokratis. Saya dan pemerintah Indonesia terus berupaya untuk berperan aktif dalam mendorong kerja sama internasional yang memuliakan perdamaian dan kemakmuran bersama,” ucap Jokowi dalam pidato virtual.

“Posisi Indonesia sebagai Presiden G20 kami manfaatkan untuk membangun arsitektur kesehatan global yang tangguh, serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.”

“Penghargaan Global Citizen Award ini sangat berarti bagi saya. Tetapi, yang lebih berarti adalah dunia yang damai, makmur, dan berkeadilan,” pungkasnya.

Selain Presiden Jokowi, penghargaan Global Citizen Award juga diberikan kepada Perdana Menteri Swedia dan Presiden Finlandia.

BACA JUGA:  Trudeau 'Bisikin' Jokowi tidak Mau Melihat Putin di KTT G20, Tapi Begini Sikap Indonesia

Sumber: Medcom.id