Presiden Jokowi Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Waru Penajam Paser Utara

NUSANTARA,MENITINI.COM-Usai melaksanakan sejumlah groundbreaking proyek pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12/2023). Kunjungannya ke pasar tersebut adalah untuk mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok.

“Saya lihat sangat baik, cabai rawit yang sebelumnya Rp120 (ribu) sampai Rp100 (ribu), hari ini saya cek tadi sudah Rp80 (ribu), bagus,” jelas Presiden Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

Selain harga cabai, Kepala Negara juga menyebut bahwa harga bawang merah di pasar tersebut tergolong bagus. “Bawang merah juga di harga Rp30 (ribu)-Rp35 (ribu) juga bagus, ini baik,” ungkapnya.

Terkait persediaan beras nasional, Presiden menyebut bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk meningkatkan stok beras di Bulog. “Agar cadangan strategis beras kita betul-betul ada di posisi yang aman,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak sebagai KSAD di Istana Negara

Dalam kunjungannya ke Pasar Waru, tampak Presiden turut menyapa pedagang seraya membagikan sejumlah bantuan berupa sembako. Presiden pun terlihat membeli barang yang dijual oleh salah satu pedagang di sana.

Warni, seorang pedagang tahu, tidak menyangka bahwa tahu yang dijualnya pada hari itu dibeli oleh Presiden Jokowi.

“Jual apa?” tanya Presiden.

“Tahu pak,” jawab Warni.

Presiden pun kemudian membeli lima bungkus tahu yang dijual oleh Warni dan memberikan dua lembar uang dengan nominal Rp100 ribu. Melihat hal tersebut, Warni pun terkejut dan berterima kasih kepada Presiden.

“Tadi beli tahu Bapak, harganya tadi Rp10 ribu, dikasih uangnya Rp200 ribu, beli lima dia,” jelas Warni dalam keterangannya.

BACA JUGA:  Soal Dugaan Kecurangan Pemilu, Presiden Jokowi: Semua Ada Mekanismenya

“Terima kasih banyak alhamdulillah kepada Pak Jokowi,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

  • Sumber: BPMI Setpres
  • Editor: Daton