Senin, 15 Juli, 2024

Pasangan Bakal Capresp-Cawapres Prabowo-Gibran saat tiba di RSPAD, Jakarta, Kamis (26/10/2023)

JAKARTA,MENITINI.COM-Pasangan bakal capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis pagi (26/10/2023).

Tiba di rumah sakit pukul 07.00 WIB, keduanya menumpang satu mobil. Istri Gibran, Selvi Ananda tampak turut mendampingi. Ketua KPU RI Hasyim Asyari beserta komisioner lainnya, jajaran Bawaslu RI dan tim dokter pemeriksa RSPAD tampak menyambut kedatangan pasangan yang diusung 9 partai itu.

Tes kesehatan dilakukan untuk memastikan pasangan capres dan cawapres dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani. Sehingga dinyatakan layak untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Seperti tes kesehatan yang sudah dilakukan kepada dua pasangan calon capres-cawapres Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud, KPU juga menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memastikan capres dan cawapres bebas dari narkoba.

BACA JUGA:  Hari Ini, Prabowo-Gibran akan Ditetapkan sebagai Pemenang Pilpres 2024

Terdapat 16 jenis pemeriksaan yang harus dilalui bakal capres-cawapres, mulai dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), penyakit dalam, bedah, neurologi, kandungan (ginekologi) bagi capres dan cawapres perempuan.

Lalu wawancara psikiatri, pemeriksaan mata, THT-KL dan Audiometri nada murni, jantung dan pembuluh darah, echokardiografi, paru, radiologi toraks, Magnetic Resonance Imaging (MRI), pengambilan sampel laboratorium, USG transvaginal, dan pemeriksaan penunjang lain (atas indikasi). *

  • Editor: Daton