Polsek Benoa Periksa 910 Penumpang KM Binaya dari NTT

DENPASAR,MENITINI.COM- Polsek Benoa, Denpasar memeriksa penumpang Kapal Motor (KM Binaya yang bersandar di Pelabuhan Benoa pada Senin (20/11/2023) pukul 22.00. Petugas memeriksa setiap barang penumpang kapal yang turun.

Pemeriksaan itu dipimpin oleh Perwira Pengawas Polsek Benoa Polresta Denpasar Iptu I Ketut Ramia. Untuk diketahui, KM Binaya datang dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu. Kapal itu membawa penumpang 910 orang dan crew 58 orang yang Nahkodai oleh Ahkmad dan diageni oleh PT Pelni.

Kapolsek Benoa Kompol Tri Joko Widianto menerangkan, pemeriksaan barang penumpang ini guna mengantisipasi adanya barang-barang terlarang seperti, bahan peledak, narkoba, senjata dan lainnya. “Pelabuhan laut merupakan pintu keluar masuknya orang maupun barang, yang membuatnya sangat riskan dijadikan lokasi menyeludupkan barang-barang ilegal,” tandasnya.

BACA JUGA:  Pindah Tugas, Kapolres Jembrana Pamitan dengan Bupati Jembrana

Maka dari itu, Pelabuhan Benoa harus dijaga dan diatensi secara cermat, karena merupakan salah satu pelabuhan terbesar yang ada di Provinsi Bali. Personil Polsek Benoa bekerja sama dengan instansi terkait dalam melakukan pemeriksaan secara detail melalui bantuan peralatan X- Ray milik Pelindo Benoa.

Pemeriksaan barang bawaan melalui X- Ray sudah merupakan SOP yang haru dilaksanakan oleh anggotanya dan Instansi terkait Sehingga dapat memastikan barang bawaan penumpang bersih dari benda terlarang.

“Kami tidak mau sampai ada barang barang terlarang masuk melalui pelabuhan ini, untuk itu kami harus pastikan semua barang penumpang harus melalui pemeriksaan X-Ray sebelum dibawa oleh pemiliknya,” tambahnya. Diharapkan, pihaknya dapat terus menjaga kondusifitas Kamtibmas wilayah Pelabuhan Benoa dengan terbebas dari keluar masuknya barang ilegal. (M-011)

  • Editor: Daton