Polresta Denpasar Luncurkan Video “Garudaku Garudamu”, Peringati Hari Pahlawan

Kapolresta Denpasar, Kombes Jansen Avitus pencetus ide Festival Garudaku Garudamu

DENPASAR, POS BALI  –  Hari Senjn, 29 November 2021, Polresta Denpasar meluncurkan video “Garudaku Garudamu” di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kenca (GWK), Jimbaran, Kuta Selatan, Bali. Rangkaian acara dimulai pukul 18.00 Wita sampai selesai.

Festival yang melibatkan para penari  dari  grup Paduan Suara dan Tari BALIPA Polresta Denpasar berkolaborasi dengan mahasiswa Papua ini digagas Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansan Avitus Panjaitan, S.IK.,MH.

Siaran pers yang diterima redaksi MENITINI menyebutkan  festival ini dalam rangka mengenang nilai-nilai perjuangan dan jasa para pahlawan merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Di tahun 2021  peringatan hari pahlawan mengusung tema, “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”.

Tema ini sarat makna, setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun Negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing.

Garuda adalah Raja Diraja burung yang gagah perkasa. Kisah kepahlawanan Sang Garuda telah bersemayam di Pertiwi Nusantara merasuk dalam binar kegemilangan Kerajaan Majapahit yang merajut Nusantara dengan kasih keberagaman Bhineka Tunggal Ika. Nusantara mekar menjadi sekuntum bangsa merdeka, Indonesia, mengusung Sang Garuda sebagai Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Harumkan Nama Daerah Tanpa Dukungan Pemprov Maluku

Garuda adalah Lambang Negara dengan benteng Pancasila menjadi Pemersatu Bangsa Indonesia, sebagai generasi penerus bangsa kita wajib menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang terkandung sebagai benteng pemersatu Kebhinekaan Bangsa Indonesia.

Dalam situasi Pandemi Covid-19 Kepolisian Resor Kota Denpasar membuat kreasi musik dan Lagu Garudaku Garudamu, Gerak Tari Lagu Papua Ring Ati, Tarian Jaya Anusa Pertiwi dan Tarian Satya Bhayangkara yang dibawakan oleh kolaborasi antara Personel Polresta Denpasar dan Mahasiswa Papua yang ada di Bali, yang sudah pernah ditampilkan pada tanggal 6 Juli 2021 di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-43 tahun 2021.

Terpuruknya Pariwisata Bali sebagai dampak global pandemi Covid-19 mengakibatkan menurunnya perekonomian Bali yang sangat tergantung dari sektor pariwisata, saat ini sejalan dengan keberhasilan pemerintah menekan penyebaran Covid-19 di Bali pada khususnya dan dengan telah dibukanya kembali pariwisata Bali, Polresta Denpasar turut memberikan kontribusi dengan menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu promosi bangkitnya kembali pariwisata Bali

Untuk mengenang dan menanamkan nilai-nilai perjuangan para Pahlawan dan nilai nilai luhur Burung Garuda sebagai Lambang Negara kepada generasi penerus bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika sekaligus promosi pariwisata Bali dengan menampilkan kolaborasi kreasi seni dan budaya.

BACA JUGA:  PT Tirta Fresindo Jaya, Mayora Group Dukung APSI Dalam Penanganan Sampah Plastik di Klungkung

Agar nilai-nilai perjuangan para pahlawan dan nilai-nilai luhur Burung Garuda sebagai Lambang Negara dapat diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika serta membangkitkan kembali pariwisata Bali untuk pemulihan ekonomi.

Adapun rangkaian acara setelah pembukaan dan sambutan dari Kapolresta Denpasa, Kapolda Bali dan Gubernur Bali, acara juga dimeriahkan dengan Tarian Sekar Jepun sebagai maskot Kabupaten Badung. Juga Tarian Satya Bhayangkara sebagai maskot Polresta Denpasar.

Selain live performance “Garudaku Garudamu”, juga  live performance lagu Papua Ring Ati. Ada juga tarian Jaya Anusa Pertiwi. Dan yang tak kalah menariknya yakni penjelasan lagu Papua Ring Ati dan Penyerahan Piagam kepada Bapak AKBP I Gede Ganefo, S.H., M.H. 

Rangkaian acara diakhiri dengan penyerahan donasi untuk korban bencana dan sesi foto bersama. poll/rilis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*