Minggu, 26 Mei, 2024

Ribuan wisawatan yang terdiri dari anak-anak dan orang tua tengah memadati Pantai Gading di kawasan Mapak, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram di hari liburan Lebaran Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

MATARAM,MENITINI.COM- Di hari kelima (H+6) lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, ribuan warga di Pulau Lombok memadati sejumlah destinasi wisata. 

Salah satu yang menjadi favorit untuk mengisi hari liburan Lebaran, yakni Pantai Gading di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Senin (15/4/2024).

Pantai yang berada persis di sebelah timur Pantai Mapak Indah, merupakan deretan pantai kawasan Lingkar Selatan yang memiliki pasir hitam. Serta, jarak pantainya tidak cukup luas, namun di Pantai Gading menjadi lokasi yang bagus untuk melihat senja.

Tampak, warga mulai anak-anak hingga dewasa riang gembira bermain air laut.

Salah seorang pengunjung, Firman warga asal Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengaku ia datang bersama keluarga berlibur di Pantai Gading, karena ombaknya cukup tenang sangat cocok bagi anak-anak dan pemandangan yang disajikan cukup indah. 

“Saya dari Lombok Tengah, pantai memiliki ombak yang tenang dan tidak besar. Sehingga, tidak membahayakan anak-anak,” ujarnya pada POS BALI, Senin (15/4/2024).

BACA JUGA:  Besok Digelar Sidang Isbat, Lebaran Idulfitri 2024 Diprediksi Jatuh pada 10 April

Menurutnya, ia dan keluarganya baru pertama kali berlibur di pantai Gading, karena rasa penasaran dari informasi teman-temanya yang pernah datang terlebih dahulu berlibur di Pantai Gading.

“Baru pertama kali ke sini, saya dapat info dari teman-teman, katanya pantai Gading itu ombaknya tenang dan usia berenang kita bisa makan ikan bakar yang merupakan hasil tangkapan nelayan setempat. Makanya saya ke sini bawa keluarga,” ungkap Firman.

Tingginya animo warga yang berlibur Pantai Gading,membuat omzet pedagang ikan meningkat drastis, seperti salah seorang pedagang ikan bakar Halimah, di hari libur lebaran ia mampu menjual ikan 30 kg hingga 40 kg ikan per harinya. 

Menurut dia, ika dibandingkan hari biasa hanya 15 kg hingga 20 kg. “Dulu sebelum lebaran agak kurang, tapi saat lebaran ini alhamdulillah meningkat penghasilan, sekarang bisa 30 kg sampai 40 kg, kalau dulu 20 kg kadang-kadang cuman 15 kg,” ungkap Halimah. 

BACA JUGA:  Mudik Paling Unik dalam Film Siapa Siti?

Untuk penghasilan omzetnya bisa mencapai lima hingga sembilan juta per harinya, jika dibandingkan hari bisa hanya dua juta hingga tiga juta rupiah per harinya. “Alhamdulillah sudah ada lumayan,” ucap Halimah. 

Lebih lanjut dikatakannya, puncak liburan yang akan dipadati pengunjung saat lebaran Topat atau salah satu tradisi warga Lombok sebagai ungkapan syukur setelah berpuasa satu minggu di bulan Syawal. “Kalau saat lebaran ketupatnya bisanya membludak lebih banyak dari pada hari ini, pengunjung datang mulai dari pagi hingga malam hari,” jelas Halimah.

Pantai Gading juga menyediakan lapak-lapak kuliner aneka ikan laut yang cocok untuk disantap bersama keluarga.

Selain itu pengunjung juga dapat menyewa perahu nelayan untuk diajak berkeliling di lautan. Untuk tarifnya hanya Rp5000 per orang. Pengunjung akan dibawa ke tengah laut menikmati sensasi menggunakan perahu nelayan.

BACA JUGA:  Pastikan Keamanan Idul Fitri, Polresta Denpasar Menggelar Rapat Koordinasi

Perahu nelayan yang disewakan untuk pengunjung di Pantai Gading. Selanjutnya,  Pantai Gading juga tersedia fasilitas kamar mandi, toilet hingga mushola, sehingga pengunjung akan dibuat nyaman berada di sana. (M-003)

  • Editor: Daton

TERKAIT