Pesawat Tabrak Truk Pemadam Kebakaran, Dua Petugas Tewas

Tabrakan antara LATAM Airlines dengan trus pemadam kebakaran di bandara Peru, Jumat 18 November 2022.
Tabrakan antara LATAM Airlines dengan trus pemadam kebakaran di bandara Peru, Jumat 18 November 2022. (Foto: ist)

MENITINI.COM-Sebuah jet LATAM Airlines yang lepas landas dari bandara internasional Lima menabrak sebuah truk pemadam kebakaran di landasan pacu dan terbakar pada Jumat (18/11) waktu setempat.

Mengutip Reuters pihak berwenang menginformasikan 102 penumpang dan dan enam awak pesawat semuanya selamat, tetapi dua petugas pemadam kebakaran di dalam truk tewas.

Kementerian kesehatan Peru mengatakan, meski pujn semua penumpang selamat, ada puluhan yang harus dirawat di sebuah klinik, dan setidaknya dua dalam kondisi serius.

Lima Airport Partners, perusahaan yang mengoperasikan Bandara Interasional Jorge Chavez, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa untuk sementara bandara ditangguhkan hingga Sabtu, pukul 1 siang.

“Tim kami menyediakan perawatan yang diperlukan untuk semua penumpang yang selamat dan terluka,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:  Rayakan Ultah, Pejabat Partai Oposisi Brazil Tewas Ditembak

Presiden Pedro Castillo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga petugas pemadam kebakaran dalam sebuah tweet, dan mendoakan kesembuhan bagi mereka yang terluka.
Penerbangan LA2213 lepas landas dari bandara utama Lima dalam perjalanan ke kota Juliaca di Peru. Kantor kejaksaan mengatakan sedang menyelidiki mengapa truk pemadam kebakaran memasuki landasan saat pesawat lepas landas, dan menyoroti insiden itu sebagai potensi pembunuhan.

Video di media sosial menunjukkan asap keluar dari pesawat besar di landasan.
Menurut departemen pemadam kebakaran, insiden tersebut dicatat pada pukul 15:25 dan empat unit penyelamat dikerahkan.

Cabang Peru LATAM Airlines yang berbasis di Chile mengatakan telah mengerahkan semua sumber dayanya untuk menangani mereka yang terkena dampak, dan bekerja dengan pihak berwenang untuk mendukung penyelidikan.

BACA JUGA:  Rusia Dikabarkan Minta Bantuan Militer dari China

Sumber: Medcom.id