Pesan Bawaslu, Pengawas Tak Boleh Terbawa Emosi

KLUNGKUNG,MENITINI.COM-Ketua Bawaslu Klungkung, I Komang Supardika mengatakan tahapan yang paling krusial dalam Pemilu yakni kampanye sudah dekat, sehingga dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapan aparatur pengawas di Kabupaten Klungkung  dalam mengawasi tahapannya.

Hal itu dikatakannya saat ia membuka rapat Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu, di Whyndham Jiva Resort  Jalan Subak Lepang Nomor 16 Pantai Lepang Klungkung,  Senin (16/10/2023).

“Tahapan Kampanye merupakan tahapan paling krusial sehingga untuk mencegah dan meminimalisir potensi pelanggaran oleh peserta pemilu,  kapasitas aparatur pengawas  pemilu dari tingkat Desa sampai ke tingkat Kabupaten  perlu ditingkatkan,” ucapnya

Selanjutnya Anggota Bawaslu Provinsi Bali I Nyoman Gede Putra Wiratma menegaskan, dalam melaksanakan pengawasan terutama pengawasan pada tahapan kampanye, pengawas pemilu dituntut  untuk mampu berkomunikasi  secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugas-tugasnya.

BACA JUGA:  Ketua DPR RI Soroti Pentingnya Keamanan Negara Jelang Pemilu

“Pengawas Pemilu tidak boleh terbawa emosi dalam menjalankan tugasnya. Keputusan dan mengambil tindakannya perlu didasari pertimbangan  matang dan logis. Kompetensi ini diperlukan oleh mereka untuk menjalankan tugasnya tanpa terombang – ambing oleh emosi,” tegasnya saat menghadiri acara tersebut.

Sementara Narasumber dari BKPSDM Kabupaten Klungkung  I Gusti  Ketut  Ngurah Balik memaparkan,  dalam mengawal pelaksanaan tahapan pemilu khususnya nanti pada tahapan kampanye, aparatur pengawas terutama yang berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Bawaslu Klungkung tetap menjaga netralitasnya.

“Sesuai dengan Undang -Undang  Nomor 5 tahun 2014  tentang  ASN  pasal  9  ayat 2 menyebutkan ASN  harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ketua DPR RI Soroti Pentingnya Keamanan Negara Jelang Pemilu

Rapat diikuti oleh jajaran aparatur  pengawas tingkat Kecamatan dan Kabupaten, serta dihadiri oleh Anggota Bawaslu Bali  I Nyoman Gede Putra Wiratma dengan menghadirkan Narasumber  dari Plt Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Klungkung , I Gusti Ketut Ngurah Balik dan Penggiat Pemilu, I Putu Arnata. (M-011)

  • Editor: Daton