Perjalanan Ke Republik Ceko, Membuka Keran Lapangan Kerja Bagi Pemuda Indonesia

I Ketut Sukiasa

CEO Bali Anugrah Sejahtera

Perjalanan saya ke Republik Ceko kali ini membawa dua misi sekaligus. Misi yang pertama adalah penguatan kerja sama rekrutmen tenaga kerja Indonesia, sementara misi yang kedua adalah mengunjungi kawan-kawan pemuda dari Indonesia yang sudah bekerja di beberapa perusahaan di Republik Ceko.

Perusahaan yang saya pimpin, PT Bali Anugrah Sejahtera saat ini sedang saya arahkan untuk memperkuat kerja sama di bidang rekrutmen tenaga kerja dengan sejumlah perusahaan di Eropa Timur. Atas dasar inilah, saya berangkat membawa dua misi tersebut keliling Eropa Timur.

Advertisements

Pada sebuah jamuan makan siang di kediaman salah satu kolega di Republik Ceko

Terbang dari Bali pada Rabu (1/5), pukul 21.35 WIB, saya sampai di Bandara Munich, Jerman pada Kamis (2/5) sore waktu setempat, setelah sebelumnya transit di Beijing selama beberapa jam. Di Munich, saya dijemput oleh kolega saya bernama Mirek Hovezak. Dari Munich, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Tachov di mana keluarga Hovezak tinggal.

Keluarga Mirek Hovezak

Sepanjang perjalanan selama dua jam kami disuguhi pemandangan ladang gandum yang indah. Bagi saya, Ceko bukan tempat yang asing, saya pernah tinggal di negara ini selama dua tahun saat menempuh studi budaya dan bahasa.

BACA JUGA:  Pertahanan Terbaik, Pakai Masker

Selain itu, saya banyak memiliki kawan di Ceko, kebanyakan dari mereka saya kenal saat mereka berkunjung ke Bali. Maka tak sulit bagi saya untuk mendapatkan tempat singgah, bisa dikatakan, saya tak perlu mengeluarkan uang selama di Ceko karena kawan-kawan yang baik sudah menyediakan semuanya di sini.Beberapa hari saya tinggal bersama keluarga Hovezak.

Mereka menganggap saya seperti keluarga sendiri. Hari-hari pertama saya pergunakan untuk membuat janji bertemu dengan para kolega untuk membicarakan kerjasama rekrutmen tenaga kerja. Saya memenuhi misi pertama saya dan bertemu dengan CEO Grapecare bernama Jana Mickova Sladka.

Grapecare adalah sebuah perusahaan jasa penyedia tenaga kerja yang terkemuka di kawasan Eropa Timur. Lokasi kantornya pun sangat strategis, berada di pusat bisnis di Brno.

Bersama Jana Mickova Sladka, CEO Grapecare

Saya disambut hangat oleh Jana, kami membicarakan mengenai mekanisme pengiriman tenaga kerja Indonesia ke wilayah Eropa Timur. Menurut Jana, saat ini kebutuhan akan tenaga kerja di Eropa Timur terus meningkat seiring dengan tumbuhnya iklim industri di sejumlah negara Eropa Timur.

BACA JUGA:  Giri Prasta : Keluar Daerah Wajib Izin Bupati

Bersama Grapecare, Bali Anugrah Sejahtera telah sepakat untuk menguatkan kerjasama pengiriman tenaga kerja. Bali Anugrah Sejahtera mendapatkan kehormatan sebagai satu-satunya mitra Grapecare di Indonesia. Selain Grapecare, Bali Anugrah Sejahtera juga menjalin kerjasama dengan tujuh perusahaan lainnya.

Bersama Tomas Surka, seorang pengusaha penyalur tenaga kerja di Ceko

Saya menjalankan misi kedua saya, bagian dari tanggung jawab pelayanan terhadap kawan-kawan pekerja dari Indonesia yang diberangkatkan oleh Bali Anugrah Sejahtera. Saya ajak mereka bertemu, atau saya mengunjungi tempat kerja mereka, bahkan sesekali di waktu lenggang, mereka saya ajak untuk berkeliling kota Brno dan beberapa tempat keramaian lainnya.

Para pemuda Indonesia sedang bersiap menuju tempat kerja di Ceko

Mereka sangat menikmati pekerjaan mereka. Jikapun ada hal yang mengganjal, tak lain adalah rasa rindu mereka untuk bertemu dengan keluarga. Namun bagi mereka, perjuangan di negeri orang harus dilalui untuk meniti masa depan yang lebih gemilang demi keluarga tercinta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*