Perahu Nelayan Asal Senggigi Terbalik, Ini Sebabnya 

Korban dan perahunya yang terbalik berhasil dievakuasi tim gabungan dari perairan Selat Lombok.
Korban dan perahunya yang terbalik berhasil dievakuasi tim gabungan dari perairan Selat Lombok. (M-003)

MATARAM, MENITINI.COM- Seorang nelayan bernama Deny Iskandar hampir saja menjadi korban keganasan ombak di kawasan Perairan Senggigi, Lombok Barat. Bagaimana tidak, kerasnya hantaman ombak membuat kantir perahu miliki Deny Iskandar patah sehingga membuat perahu tersebut terbalik, Selasa (30/8/2022). 

Beruntung, korban berhasil diselamatkan oleh tim gabungan berbagai unsur mulai dari kepolisian dalam hal ini Sat Polairud Lobar, Basarnas, TNI serta dari kalangan masyarakat. “Korban seorang nelayan bernama saudara Deny Iskandar (32) asal Desa Senggigi Kecamatan Batulayar, dalam keadaan selamat,” kata Kasat Polair Polres Lobar Iptu L. M. Ikhsan.

Dia menyatakan, tim gabungan berhasil melakukan penyelamatan dan evakuasi setelah melakukan pencarian. Dia menjelaskan, kronologis insiden tersebut berawal saat Deny Iskandar pergi melaut atau turun memancing sekitar, sekitar pukul 03. 00 Wita. “Saudara Deny Iskandar melaut di seputaran Perairan Senggigi Kecamatan Batu Layar. Kemudian istri korban menginformasikan via telepon, bahwa suaminya mengalami insiden perahu terbalik,” kata Ikhsan.

BACA JUGA:  Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kembali Dibuka dengan Pembatasan

Korban sempat menghubungi istrinya via telepon sekitar pukul 08.31 Wita, sehingga pihak keluarga korban melaporkan kejadian ke Pos Airud Senggigi. Dengan adanya laporan masyarakat tersebut, personel Pos Senggigi terdiri dari personel Direktorat Polair Polda NTB dan Sat. Polairud Polres Lobar langsung meresponnya. “Saat itu juga langsung melakukan pencarian di seputaran Perairan Senggigi dengan menggunakan rubber boat Polda NTB,” jelasnya.

Akhirnya, sekitar pukul 11. 30 Wita, korban berhasil ditemukan di Selat Lombok oleh personel Pos Airud Senggigi dan Nelayan Senggigi. “Selanjutnyaa mengevakuasi korban dengan cara mengikat perahu milik korban di perahu nelayan yang melakukan penyelamatan. Selanjutnya membawanya ke pesisir pantai Senggigi,” ujar Ikhsan.

BACA JUGA:  Dua Tahun Ngambang, Lobar Siap Buka Jalur Pendakian Rinjani Lewat Dusun Kumbi

Dari pengakuan korban, perahunya terbalik lantaran terkena ombak sekitar 2 meter. Akibatnya kantir (penyeimbang perahu) sebelah kiri patah dan perahu milik korban langsung terbalik. “Keadaan korban saat ini dalam keadaan sehat dan tidak mengalami cedera atau luka-luka lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH mengungkapkan Tim Rescue Boat 220 Mataram, TNI, Polri, nelayan/warga setempat, dan unsur terkait lainnya berhasil mengevakuasi nelayan tersebut. Dijelaskannya, perahu yang digunakan mengalami patah kantir hingga terbalik. “korban beserta perahunya berhasil ditemukan di Perairan Selat Lombok,” ungkap Nanang.

Deny Iskandar (32) pertama kali ditemukan oleh nelayan pada saat akan kembali dari melaut. Selanjutnya Iskandar beserta perahunya ditarik menuju Pantai Senggigi. “Korban tiba dengan selamat di Pantai Senggigi sekitar pukul 11.41 Wita,” katanya singkat. M-003