Pemkot Denpasar bersama TNI Bersihkan Sampah di Tahura Mangrove

Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana berbincang dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto saat meninjau kegiatan pembersihan sampah.
Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana berbincang dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto saat meninjau kegiatan pembersihan sampah. (Foto: IST)

DENPASAR,MENITINI.COM-Dalam rangka menyambut pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah Kota Denpasar bersama ratusan personel TNI membersihkan sampah di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai, Denpasar, Minggu (6/11/2022).

“Setelah ini, kami berkoordinasi dengan kelompok nelayan, harapannya bisa turut bersama menjaga dan membantu anggota yang bertugas untuk menjaga kebersihan wilayah Tahura Mangrove,” kata Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana di Denpasar, seperti dikutip ANTARA.

Selain melibatkan ratusan personel TNI dan personel dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Denpasar, kegiatan pembersihan sampah juga melibatkan jajaran Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida.

Pembersihan sampah dilakukan di area yang meliputi pintu masuk Tahura Mangrove hingga wilayah Estuari Dam Suwung, Denpasar.

BACA JUGA:  Gubernur Anies Senang dengan Antusias Warga pada Gerakan Sadar Sampah

Dalam kesempatan itu Alit Wiradana meninjau kegiatan pembersihan sampah bersama dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Alit Wiradana didampingi oleh Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa juga mengatakan pemkot setempat akan menyiagakan truk pengangkut sampah untuk bersiaga di lokasi.

“Bersiaga hingga pelaksanaan G20 untuk mempercepat proses pemindahan dan pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan,” ujarnya.

Sementara itu Aster Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono selaku koordinator kegiatan menyampaikan pihaknya mengerahkan sedikitnya empat perahu LCR, dan 10 kano untuk memungut sampah di area Estuari Dam Suwung secara manual dan dibantu satu kapal pembersih sampah.

BACA JUGA:  Pembangunan RSUD Kuta Selatan Jadi Prioritas

“Mulai hari ini hingga pelaksanaan G20 nanti, kami menyiagakan anggota TNI AD untuk membantu di sini,” ujarnya.

Menurut Puji Hartono, apabila terjadi hujan dan pintu air dibuka akan kembali lagi membawa sampah masuk ke wilayah Estuari Dam sehingga perlu pembersihan secara berkala.

Sumber: ANTARA