Minggu, 26 Mei, 2024

Gunung Ruang erupsi pada Selasa (30/4/2024). (Sumber foto: Antara)

JAKARTA,MENITINI.COM-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara melontarkan abu vulkanik setinggi lima kilometer dari pusat kawah, erupsi disertai awan panas ke segala arah.

“Erupsi disertai awan panas ke segala arah,” kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan, dalam keterangannya, seperti dikutip Antara, Selasa (30/4/2024).

Hari ini Gunung Ruang erupsi pada pagi ini terjadi pukul 08.35 Wita dengan kolom abu tebal berwarna kelabu hingga hitam mengarah ke timur dan selatan. PVMBG per dini hari tadi sudah menaikkan status Gunung Ruang dari siaga menjadi awas.

Peningkatan status itu seiring terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan di Gunung Ruang. PVMBG meminta penduduk di sekitar Gunung Ruang tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. Dan penduduk yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius enam kilometer.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Instruksikan Jajaran Terkait Penanganan Pengungsi Akibat Erupsi Gunung Ruang

“Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim dekat pantau, agar mewaspadari potensi lontasan batuan pijat, luruhan awan panas dantsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut,” tulis PVMBG.

  • Editor: Daton

TERKAIT