Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Film Onde Mande!

JAKARTA,MENITINI.COM-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung film “Onde Mande!” yang akan tayang di layar lebar mulai 22 Juni 2023 mendatang.

“Menarik ini, karena ada Danau Maninjau. Ada Desa Sigiran dengan Kelok 44 dan Danau Maninjau. Saya ucapkan terima kasih karena ini mengangkat pariwisata juga nih dan budaya kita, gotong royong,” kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (5/6/23). Dalam kesempatan itu, video trailer film “Onde Mande” juga ditayangkan secara khusus kepada jajaran Kemenparekraf dan media yang hadir.

Weekly Brief Sandiaga Uno diramaikan oleh para filmmakers dan pemeran Onde Mande yaitu Paul Fauzan Agusta selaku sutradara, Suryo Wiyogo selaku produser, Jajang C Noer yang berperan sebagai Ni Ta dan Shenina Cinnamon yang memerankan karakter Si Mar.

Sandiaga sangat mengapresiasi kehadiran film Onde Mande! karya sineas berdarah Minang, Paul Fauzan Agusta. Sandiaga pun memastikan kementeriannya mendukung penuh film Onde Mande! dan menyebut film ini bagus untuk ditonton oleh masyarakat karena menggerakkan ekonomi kreatif serta sektor pariwisata.

“Keren banget, nih, dapet subsektor filmnya dari ekonomi kreatif, dapet promosi destinasi wisatanya juga,” tambah Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menyebut pihaknya bakal mengembangkan potensi Danau Maninjau sebagai lokasi pariwisata. Ia pun menilai film “Onde Mande!” mengusung tema dan genre yang segar di industri perfilman Indonesia.

“Dari kami Kemenparekraf, terutama dari Pemasaran, senang banget. Ini akhirnya ada genre baru di film Indonesia yang tidak melulu itu-itu saja. Dan ini kan ada cerita, ada makanannya, ada lagunya, ada destinasinya, semua jadi satu. Jadi kami ingin sekali ketika film ini meledak, nanti akan banyak sekali orang yang ingin mengunjungi Danau Maninjau,” kata Made.

Trailer film Onde Mande!

“Kami akan undang travel agent, online maupun konvensional untuk jualan paket berkunjung ke Danau Maninjau. Paket Onde Mande!, jadi makanannya, destinasinya, danaunya, lagu, semua. Kita akan amplifikasi di seluruh jaringan kita. Saya rasa ini prospeknya sangat bagus,” tambahnya.

Onde Mande! merupakan film persembahan Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital. Film “Onde Mande!” dibintangi oleh sederet aktor dan aktris lintas generasi yang memiliki garis keturunan Minang, yakni Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Shahabi Sakri, Ajil Ditto dan Musra Dahrizal.