Kamis, 18 Juli, 2024
Timnas Indoensia U-23

Timnas Indoensia U-23. (Foto: PSSI)

JAKARTA,MENITINI.COM-Tim U-23 Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23 tahun 2023 Thailand setelah Vietnam memenangkan laga melawan Malaysia. Tim merah putih itu lolos ke semifinal berstatus sebagai runner up terbaik.

Di fase grup, Indonesia kalah 1-2 melawan Malaysia dan menang tipis 1-0 atas Timor Leste.

Sementara lawannya, Thailand, menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Tim besutan Issara Sritaro itu lolos setelah menjuarai Grup A. Thailand sukses mengemas poin sempurna, sembilan. Tim tuan rumah juga mencatatkan cleansheet di turnamen ini pada babak penyisihan grup.

Malaysia juga memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di PTT Stadium, Selasa (22/8/2023). Dengan hasil itu Malaysia mengemas poin sempurna enam poin dari dua laga. Sebelumnya, tim besutan Elavarasan itu menang atas timnas U-23 Indonesia dengan skor 2-1.

BACA JUGA:  Ini 22 Pemain Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina

Selanjutnya, Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 di Rayong Province Stadium, Selasa (22/8). Sebelumnya, Vietnam mengalahkan Laos dengan skor 4-1 pada laga pertama mereka di Grup C.

Kemenangan Vietnam dan Malaysia membantu timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal. Filipina yang kalah dari Vietnam tentunya tak mampu menggeser timnas U-23 Indonesia di klasemen runner-up terbaik.

Pelatih kepala tim, Shin Tae-yong mengatakan, bahwa keempat tim itu sudah selayaknya tampil di semifinal. “Saya rasa empat tim (Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam) yang berada di semifinal ini berhak untuk itu, saya berharap dua laga nanti akan terjadi pertandingan yang bagus,” bukanya saat jumpa pers jelang laga.
“Saya ucapkan terima kasih kepada tim Vietnam, karena sudah memenangkan laga semalam. Saya pikir filosofi saya di sepakbola adalah pertandingan sepakbola yang dimainkan harus fairplay. Untuk turnamen AFF U-23, ini yang harus dikaji kembali oleh AFF, dimana saat turnamen ini berlangsung ada beberapa laga yang tidak berjalan secara fairplay. Namun saya tetap berterima kasih kepada Vietnam,” sambungnya.

BACA JUGA:  Kalah 0-2 Lawan Irak, Erick Thohir Minta Pelatih dan Pemain Harus Evaluasi

Terakhir, pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan akan bermain sebaik mungkin dengan caranya sendiri dan mencoba mencuri kemenangan di laga melawan Thailand.

“Saya melihat beberapa pertandingan yang dilakukan Thailand, saya juga melihat pertandingan dari Malaysia. Saya pikir, Thailand memiliki skuad bagus di turnamen ini diantara semua peserta yang ada. Untuk pertandingan besok, kami akan melakukan yang terbaik, dan bermain dengan cara yang sebaik mungkin untuk laga esok,” tutupnya. (M-011)

  • Sumber: PSSI
  • Editor: Daton

Berita Lainnya:

BACA JUGA:  Kalah dari Uzbekistan, Garuda Muda Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024