Jumat, 12 Juli, 2024

ILUSTRASI

JAKARTA, MENITINI.COM Teka teki siapa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz makin nyata. Ketua Kompolnas yang juga  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut lima nama jenderal bintang tiga telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Mahfud mengatakan dari lima nama itu selanjutnya akan dipilih Jokowi untuk kemudian diajukan ke DPR RI sebagai rekomendasi. Pernyataan ini disampaikan Mahfud melalui akun Twitter resmi miliknya, @mohmahfudmd.

“Saya sudah serahkan  nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR,” kata Mahfud  Jumat (8/1/2020).

Kata Mahfud yang diajukan semua jenderal bintang tiga, tidak ada yang bintang dua. Ia  menyebut lima nama itu adalah Gatot Edhy Pramono, Boy Rafly Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, dan Agus Andrianto. Kelimanya dianggap layak memenuhi kriteria calon Kapolri.

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” kata Mahfud.

Dalam kesempatan itu, Mahfud menyebut pernyataan itu dia sampaikan dalam rangka mengonfirmasi pernyataan sebelumnya disampaikan Ketua Pelaksana Harian Kompolnas Benny Mamoto. “Mengonfirmasi berbagai berita: benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas,” katanya.

Komjen Listyo Sigit Prabowo kini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.Komjen Boy Rafli Amar  kini menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Gatot Eddy saat ini menjabat Wakapolri. Sedangkan Arief Sulistyanto menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Sedangkan Komjen Agus Andrianto kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. poll






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *