Minggu, 14 Juli, 2024

JAKARTA,MENITINI.COM-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menggelar ‘Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024’.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini dalam The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023), mengatakan ide penyelenggaraan ‘Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024’ berawal dari keinginan untuk mengadakan event bertaraf internasional yang mengenalkan lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

“Ini berangkat dari pemikiran di beberapa negara apalagi setelah COVID-19 selesai ini border sudah terbuka, pariwisata sudah mulai bergeliat, Indonesia juga sudah mulai bangkit dan bahkan sangat bagus perkembangannya, wisatawan mancanegara datang. Sementara kita belum memiliki sebuah event internasional yang mengampu atau memaparkan dari destinasi kita, dari sanalah kami dengan GIPI berpikir kita harus mengadakan sebuah event internasional tapi tentu saja kita tidak bisa ujuk-ujuk begitu ya, harus disiapkan dengan baik, dan ini prosesnya,” kata Ni Made Ayu Marthini seperti dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa (22/8/2023).

BACA JUGA:  Libur Lebaran 2024, Pariwisata Bali Panen Rupiah

Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 melibatkan seluruh asosiasi kepariwisataan dan lembaga berbasis kepariwisataan yang diharapkan menjadi suatu terobosan yang kompetitif dan kreatif untuk lebih “menjual” Indonesia.

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia, Hariyadi Sukamdani, menjelaskan Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 diarahkan untuk menjadi event travel mart yang cukup besar dan signifikan untuk menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia. 

“Di sini yang kami targetkan WITF 2024 ini akan menjadi salah satu penggerak travel mart di Indonesia. Sampai saat ini kita belum punya travel mart yang cukup berkualitas dan berkesinambungan. Jadi, kalau di Thailand itu punya Thailand Travel Mart Plus, di Singapura punya ITB Asia, di Malaysia punya The Malaysia Tourism Agency Association (MATA), maka kita berharap WITF ini menjadi salah satu andalan kita untuk menarik wisatawan ke Indonesia,” kata Hariyadi. 

BACA JUGA:  Kemenparekraf Dukung ASITA Run 2024, jadi Inspirasi untuk Hadirkan Event Daya Tarik Wisata

Hariyadi menjelaskan dalam rangka Road to Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024, akan ada kegiatan-kegiatan yang menarik, seperti podcast, familiarization trip, mini expo, sport tourism events, dan sebagainya. 

Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia, Budijanto Tirtawisata, menyampaikan Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024 ini selain merupakan kegiatan B2B (business to business) juga akan berkembang menjadi B2C (business to consumer). 

“Jadi keinginan kita membuat event internasional di Jakarta barangkali untuk pertama kali pada September 2024, tentunya kita akan mengundang stakeholder termasuk asosiasi pariwisata, dinas pariwisata di seluruh Indonesia, dan lainnya. Pokoknya event ini harus menjadi kebanggaan kita semua di tahun depan ini,” kata Budijanto.

  • Sumber: Kemenparekraf
  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Pariwisata Menggeliat, Pergerakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai Tren Positif

Berita Lainnya: