Jokowi Kemungkinan Reshuffle Kabinet, Ali Ngabalin: Mungkin Januari

Ali Mochtar Ngabalin
Ali Mochtar Ngabalin. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)

JAKARTA,MENITINI.COM-Ali Mochtar Ngabalin menyebut kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet bulan ini. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) itu tak menjelaskan waktu rinci reshuffle kabinet. Namun, ia meyakini Jokowi akan merombak kabinet dalam waktu dekat.

“Mungkin Januari, kita tunggu bareng-bareng,” kata Ngabalin saat dihubungi, Kamis (5/1/2022) seperti dikutip CNN Indonesia.

Ngabalin berharap menteri yang terkena reshuffle tidak kecewa. Dia berkata para menteri harus tetap tersenyum meski dicopot dari jabatan. “Jangan marah, jangan dongkol karena waktu Anda sampai di sini saja. Tetap harus berterima kasih kepada Presiden,” ujar Ngabalin.

Sebelumnya, Jokowi memberi sinyal akan melakukan reshuffle kabinet sebelum Pemilu 2024. Namun, ia tak mengungkap kapan waktu reshuffle dilakukan. Sinyal itu direspons beragam. PDIP meresponsnya dengan menyarankan Jokowi mencopot dua menteri dari Partai NasDem.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Tinjau Rekonstruksi dan Penyaluran Bantuan Korban Gempa Cianjur

“Ada beberapa alasan kenapa Menteri Pertanian, Menteri LHK perlu dievaluasi, juga terkait dengan Partai NasDem yang sudah mendahului mendeklarasikan calon presidennya,” ujar Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat di Kantor Pusat DPP PDIP, Jakarta, Selasa (3/1). (M-003)

Editor: Daton