Jembrana Bersiap Gelar International Jembrana Bali Chocolate Festival

JAKARTA,MENITINI.COM-Kakao Jembrana selama ini dikenal sebagai komoditas unggulan disektor pertanian dan perkebunan. Bahkan akan kualitasnya itu, sudah diakui dunia dengan ekspor biji kakao  dengan kualitas premium. Karena itu Pemerintah Kabupaten Jembrana terus  berkomitmen mengembangkan kakao Jembrana tidak hanya produksi dihulu  tapi juga pengembangan disektor hilir dengan cokelat hasil produksi dari biji  kakao beserta  turunan lainnya.

Langkah makin mengenalkan kakao Jembrana salah satunya dengan mendeklarasikan Jembrana sebagai kota Cokelat dengan menyelenggarakan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 2-3 Februari 2024 di Kebun Raya Jagatnatha, Jembrana.

Dikenal sebagai penghasil biji cokelat fermentasi berkualitas yang telah di ekspor ke sejumlah negara, Pemkab Jembrana tidak ingin hanya produk mentah yang dipasarkan, tapi bagaimana kabupaten Jembrana juga bisa memproduksi olahan cokelat yang siap untuk dinikmati.

BACA JUGA:  Produk Olahan Limbah Kopi Indonesia Siap Masuki Pasar Vancouver

Ditambah lagi, dengan adanya Rumah Produksi Bersama Cokelat atas bantuan Pemerintah Pusat, kini Jembrana telah siap memasarkan produk olahan cokelat yang sebagai bagian hilirisasi produk kakao petani Jembrana.

Memastikan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 berjalan dengan baik, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna dan sekda I Made Budiasa serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana melaksanakan pemantauan kesiapan festival tersebut, Jumat (2/2).

Bupati Tamba mengungkapkan sejumlah kegiatan akan mengisi rangkaian Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 yang berlangsung selama dua hari tersebut.

“Pagi ini kita pastikan semua sudah siap. Untuk hari pertama kita akan adakan workshop Film Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024. Dan dihari kedua akan kita isi dengan berbagai kegiatan seperti pameran UMKM, parade Gong dan Drumband, tari massal, hiburan musik, success story dan sharing motivasi UMKM dari Ajik Krisna sebagai pengusaha oleh oleh asli Bali  dan Launching Jembrana Kota Cokelat,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival, Kenalkan Jembrana Sebagai Kota Cokelat Ke Mancanegara 

Pihaknya berharap, Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 dapat terlaksana dengan baik sehingga Jembrana dapat semakin dikenal sebagai kota Cokelat yang menyuguhkan cokelat dari hulu sampai ke hilir, mulai dari produk biji kakao petani Jembrana hingga menjadi sebuah produk olahan cokelat.

“Astungkara, semua dapat berjalan sesuai yang direncanakan dan Jembrana bisa dikenal sebagi kota Cokelat,” tutupnya. (M-011)

  • Editor: Daton