Jelang Liburan Akhir Tahun, Simak Tips Traveling Anti Boncos 

Mendekati akhir tahun, banyak dari kita merasakan euforia liburan yang semakin mendekat. Idealnya, momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengambil cuti dan merencanakan liburan bersama orang terdekat. Namun, sayangnya, kegembiraan ini seringkali diikuti oleh penyesalan finansial karena kurangnya perencanaan keuangan yang baik. 

Sering kali kita tidak menyadari bahwa kurangnya perencanaan dapat mengakibatkan pengeluaran berlebihan atau bahkan menguras tabungan sepanjang tahun. Ditambah perilaku impulsif selama liburan juga dapat berdampak negatif pada kondisi keuangan pribadi. Jangan sampai liburan akhir tahun menjadi pemicu keuangan kita terganggu di tahun berikutnya. Untuk itu, simaklah beberapa tips traveling anti boncos!

1. Pelajari destinasi yang akan dikunjungi

Langkah pertama yang penting dalam merencanakan liburan adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Sebelumnya, lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton review, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dipilih. Hindari godaan untuk menghabiskan lebih dari yang kamu mampu dengan mempertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis. 

Sebagai contoh, jika kamu menyadari bahwa keadaan keuanganmu tidak memungkinkan untuk pergi ke luar negeri, jangan tergoda untuk menggunakan metode pembayaran seperti paylater atau cicilan. Pilihlah destinasi liburan dengan bijak dan sesuai dengan budget. Kamu juga dapat pertimbangkan opsi destinasi yang belum banyak dijelajahi, atau yang sekarang sering dikenal juga sebagai hidden gem. Tips ini bisa menyelamatkanmu dari liburan di luar budget karena biasanya biaya yang diperlukan tidak terlalu tinggi namun kamu tetap bisa menikmati pengalaman baru yang unik.

BACA JUGA:  Kuta Dinilai Kumuh, Begini Kata Wakil Ketua DPRD Badung

2. Membuat budget plan yang rinci

Setelah menetapkan destinasi, langkah selanjutnya adalah membuat rencana anggaran yang terperinci. Rincikan setiap kebutuhan, mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh. Dengan demikian kamu dapat memiliki gambaran jelas tentang jumlah uang yang diperlukan selama liburan. Jangan lupa menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

Salah satu format budget plan yang mudah adalah membagi pengeluaran berdasarkan tanggal pergi kamu. Dari setiap harinya, tuliskan aktivitas yang akan kamu lakukan dan selalu catat pengeluaran berdasarkan kategori. Setelah kamu sudah membuat ini menjadi suatu tabel, kamu bisa isi masing-masing kategori dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Dengan pendekatan ini, kamu bisa lebih mudah melacak pengeluaran harian kamu saat liburan nanti. Kisaran total harian dan total keseluruhan perjalanan juga akan terlihat melalui metode ini.

3. Membuka tabungan khusus

Selanjutnya, kamu juga bisa membuka tabungan atau rekening khusus untuk keperluan traveling. Disiplin dalam menyisihkan dana khusus ini dapat membantu kamu memantau pengeluaran liburan dengan baik. Idealnya, mulailah menabung setelah menetapkan destinasi dan merinci budget. Semakin awal kamu mulai menabung, semakin besar uang yang dapat kamu kumpulkan. 

BACA JUGA:  Usai Perayaan Tahun Baru, DLHK Badung Bersihkan 21 Ton Sampah di Pantai Kuta

Agar kamu konsisten dalam menabung, kamu bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening traveling setiap bulan. Selain itu, kamu juga dapat gunakan aplikasi atau spreadsheet untuk melacak kemajuan tabungan kamu. Pantau dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa kamu tetap berada di jalur menuju target.

4. Kelola uang dengan bijak selama pergi

Tiba saat kamu harus berangkat, selalu ingat untuk bersikap bijak dalam mengelola uang. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah untuk mengalokasikan sejumlah cash agar kamu dapat membatasi pengeluaran dan membantu kamu menjadi lebih disiplin. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi atau tools keuangan yang dapat membantu kamu melacak pengeluaran secara real-time dan memberikan insight tentang bagaimana uang kamu digunakan.

Jika pada akhirnya kamu melampaui budget yang telah ditetapkan di awal, tak perlu panik! Sebaliknya, ambil waktu sejenak untuk mengevaluasi kembali, seberapa jauh kamu dapat melebihi anggaran yang sudah dibuat. Idealnya, pengeluaran berlebih tersebut tetap berada dalam batas 10 persen dari total budget awal. Dengan menjaga pengeluaran lebih dalam batas yang wajar, kamu tetap dapat menjaga keseimbangan finansial selama dan setelah liburan tanpa rasa cemas. Hal ini juga memberikan ruang untuk penyesuaian tanpa mengganggu cash flow kamu. 

BACA JUGA:  Pastikan Keamanan Nataru, Kapolda Bali Cek Pelabuhan Gilimanuk

5. Selalu siap siaga!

Selain melakukan persiapan yang matang, asuransi kesehatan juga memegang peran penting untuk memastikan liburan yang aman dan nyaman. Meskipun kita tidak mengharapkan insiden negatif, memiliki asuransi kesehatan adalah langkah antisipatif yang penting. Salah satu solusi asuransi kesehatan yang dapat kamu gunakan adalah MiUltimate HealthCare (MiUHC) dari Manulife Indonesia. 

MiUHC dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai kejadian tak terduga seperti kecelakaan atau sakit mendadak saat berlibur. MiUHC juga dapat dimanfaatkan saat berada di luar negeri, seperti penanggungan biaya rumah sakit dan rawat inap. Dengan perlindungan kesehatan yang memadai, kamu dapat menjalani liburan tanpa harus mengkhawatirkan biaya pengobatan tidak terduga. Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi asuransi Manulife Indonesia, kunjungi manulife.co.id

Langkah-langkah di atas memungkinkan kamu menjalani liburan tanpa beban finansial serta dapat memastikan setiap momen perjalananmu berkesan dan tanpa penyesalan. Kebahagiaan dalam liburan akan berlipat ketika kamu dapat menikmati setiap detiknya tanpa harus merasa khawatir tentang masalah finansial. Pastikan kamu memiliki proteksi yang cukup untuk melindungi cash flow setelah liburan selesai. Selamat berlibur akhir tahun!

  • Editor: Daton