Senin, 24 Juni, 2024

Plt Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Sekda, Anak Agung Gde Lesmana menunjukkan penghargaan TOP 45 Pelayanan Publik Tahun 2023. (Foto: Istimewa)

SEMARAPURA,MENITINI.COM-Inovasi Pondok Kompos Osaki Klungkung (POKOK) di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung masuk TOP 45 Pelayanan Publik Tahun 2023.

“Semoga melalui penghargaan ini dapat meningkatkan motivasi ASN di Lingkungan Pemkab Klungkung untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat Klungkung,” ujat Plt. Bupati Klungkung, I Made Kasta saat menerima Penghargaan TOP 45 Pelayanan Publik Tahun 2023 untuk Inovasi “POKOK”  di Ruang Kerja Plt. Bupati Klungkung, Rabu (22/11/2023).

Inovasi Pondok Kompos Osaki Klungkung (POKOK) ini dikembangkan di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. Terobosan ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Klungkung mengolah sampah organik dalam jumlah besar. Yakni malui proses composting sampah organik dengan metode Osaki dari Jepang.

BACA JUGA:  Kolaborasi Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai dan Bawah Laut Tanjung Benoa

Dalam prosesnya, metode composting dengan jamur Osaki menggunakan pola blok sel. Metode ini mampu menampung hingga 15 ton sampah organik per selnya. Selain mampu mengurangi sampah organik yang tidak bisa dikelola dengan baik hingga 70 persen, inovasi ini juga  menghasilkan kompos yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengurangi biaya membeli pupuk. Tak hanya masyarakat umum ataupun petani, pemanfaatan pupuk kompos ini juga, disebar ke kantor maupun OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung. *

  • Editor: PIY