Jumat, 12 Juli, 2024
Konferensi pers terkait dengan hasil survey jenius yang dilalkukan oleh Bank BTPN dengan tajuk 'Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023', pada Jumat (14/4/2024). Foto: screenshoot)

Konferensi pers terkait dengan hasil survey jenius yang dilalkukan oleh Bank BTPN dengan tajuk 'Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023', pada Jumat (14/4/2024). Foto: screenshoot)

JAKARTA,MENITINI.COM– Sudah hampir satu bulan masyarakat digital savvy menjalani bulan suci Ramadan, bulan yang paling ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga, teman, dan kerabat.

Mulai dari kebersamaan dengan keluarga ketika menyantap sahur dan berbuka puasa, menjalankan ibadah, bersedekah kepada orang yang membutuhkan, hingga tradisi mudik ke kampung halaman.

Dalam momen menjelang Idulfitri kali ini, Jenius dari Bank BTPN melakukan sebuah studi bertajuk Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri2023, serta menghadirkan program Langkah Kecil di Ramadan Bersama Jenius dengan fitur-fitur inovatif serta penawaran spesial yang dapat dinikmati bersama orang-orang terdekat.

Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN, Anita Ekasari dalam Press Conference yang digelar secara daring, Jumat (14/4/2024, menjelaskan Jenius mengamati perilaku masyarakat digital savvy yang mempertahankan kebiasaan-kebiasaan finansial baik dari masa pandemi pada momen Ramadan dan Idulfitri kali ini melalui  survei Jenius yang bertajuk Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023.

“Kita telah melewati momen Ramadan dan Idulfitri dengan berbagai macam cara, mulai dari merayakan di rumah saja karena situasi pandemi, hingga kini situasinya yang telah berangsur normal,” kata Anita.

BACA JUGA:  Konflik di Jazirah Arab Bisa Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak

Meskipun pandemi sudah berangsur membaik, ternyata kebiasaan-kebiasaan finansial baik masih dibawa hingga saat ini. Banyak anggota masyarakat yang mulai menyisihkan tunjangan hari raya (THR) yang mereka terima untuk menabung bahkan berinvestasi.

“Oleh sebab itu, Jenius menghadirkan program Langkah Kecil di Ramadan Bersama Jenius untuk mengajak masyarakat digital savvy melangkah di semarak Ramadan ditemani Jenius melalui fitur dan penawaran menarik lainnya,” kata Anita.

Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy Menjelang Idulfitri 2023 yang dilangsungkan pada Maret-April 2023 dengan melibatkan 127 responden berusia 18-40 tahun mengungkapkan bahwa 76% responden menerima THR pada Idulfitri kali ini. Selain itu, ternyata tidak hanya karyawan saja yang menerima THR, namun wirausahawan, freelancer, hingga YouTuber, juga menyisihkan sebagian penghasilan untuk memberikan THR kepada diri mereka sendiri.

Masih menurut Jenius Study yang sama, terdapat tiga karakter digital savvy saat menerima THR, yaitu The Saver (41%), yang mengalokasikan THR mereka untuk menabung, The Spender (40%), yang mengalokasikan THR untuk langsung dibelanjakan, serta karakter The Investor (19%), yang mengalokasikan THR untuk berinvestasi.

Sekitar 30% karakter The Saver mengalokasikan dana THR mereka untuk dana darurat, namun 20% dari mereka mengalokasikannya untuk liburan. Sementara itu, pada karakter The Spender, alokasi THR untuk belanja kebutuhan Idulfitri masih mendominasi yaitu sebesar 67%. Menariknya, 28% dari karakter ini mengalokasikan dana THR mereka untuk melunasi utang agar kondisi finansial mereka lebih optimal. Jenius Study juga menemukan kedua karakter sama-sama mengalokasikan dana THR untuk liburan. Pada karakter The Investor, 39% dari mereka menggunakan dana THR untuk dana darurat dan mewujudkan mimpi.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen

“Momen Idulfitri memang selalu dinanti, namun kita juga perlu mengontrol diri. Hal ini bisa dimulai dari alokasi THR untuk berbagai kebutuhan agar tidak habis dalam sekejap,” terang Metta Anggriani, Certified Financial Planner dan Founder Daya Uang.

“Pastikan prioritas yang jelas dan alokasi keuangan untuk kebutuhan wajib yang muncul di momen Idulfitri, seperti membayar zakat, memberi THR kepada orang tua dan orang lain yang bekerja/membantu kita, hingga tradisi salam tempel untuk keluarga,” tambah Metta.

Jika kebutuhan wajib tersebut sudah terpenuhi, menurut Metta, berikutnya masyarakat dapat mengalokasikan dana THR untuk kebutuhan lainnya, seperti membeli baju baru, makanan, dan lain-lain.

“Namun perlu diingat, untuk kebutuhan ini perlu alokasi dana yang ketat agar tidak berlebihan. Jika dirasa kebutuhan tersebut tidak membutuhkan dana THR yang terlalu besar, maka dana THR tersebut dapat dialokasikan ke tabungan atau instrumen investasi untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang,” kata Metta.

BACA JUGA:  Kembali ke Rutinitas: Mendalami Perasaan dan Strategi Pasca Libur Lebaran

Sebagai solusi life finance, Jenius hadir untuk membantu teman Jenius merencanakan dan mengatur keuangan dengan lebih efektif melalui fitur-fitur serta penawaran khusus yang menarik, sehingga mereka dapat lebih fokus pada kegiatan yang bermakna. Melalui fitur Save It, teman Jenius yang menerima THR dapat mengalokasikannya untuk ditabung sesuai dengan kebutuhan, dengan tiga pilihan jenis tabungan yang tersedia; Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Bagi teman Jenius yang berlibur ke luar negeri pada momen libur Idulfitri, fitur Mata Uang Asing membantu pengguna untuk mempunyai dan mengelola hingga tujuh mata uang asing dengan simpel langsung dari satu aplikasi tanpa biaya atau dokumen tambahan.

Pada momen buka puasa bersama, teman Jenius juga tidak perlu repot dan bingung lagi untuk membagi tagihan, karena Jenius menyediakan fitur Split Bill yang bisa membagi rata tagihan dengan mudah secara otomatis sekaligus melacak status penagihan.