Gempa di Afganistan Tewaskan Sedikitnya 40 Orang

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

JAKARTA,MENITINI.COMGempa bumi yang mengguncang Afghanistan menewaskan sedikitnya 40 orang. Lebih dari 60 orang lainnya dilaporkan luka-luka akibat gempa 6,1 yang terjadi di daerah berbatasan dengan Pakistan itu.
“Kami menyerukan lembaga-lembaga bantuan untuk memberikan bantuan segera kepada para korban gempa untuk mencegah bencana kemanusiaan,” kata juru bicara pemerintah Afghanistan, Bilal Karimi setelah gempa seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (22/6/2022).

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) seperti dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu (22/6/2022), gempa bumi Magnitudo (M) 6,1 itu mengguncang bagian padat penduduk Afghanistan dan Pakistan pada Rabu (22/6) dini hari waktu setempat.

USGS menyebut gempa bumi itu terjadi sekitar 44 km (27 mil) dari kota Khost di Afghanistan tenggara pada kedalaman 51 km.

BACA JUGA:  Pramugari Tewas di Kamar Mandi Hotel Bintang, Ada Bekas Cairan Sperma

Kepala kementerian bencana alam pemerintahan Taliban, Mohammad Nassim Haqqani, mengatakan mereka akan memberikan informasi terbaru setelah mereka menyelesaikan penyelidikan lebih lanjut. “Tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau kematian di Pakistan,” ujarnya.
Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) menyatakan dalam postingan di Twitter bahwa guncangan dirasakan lebih dari 500 km oleh sekitar 119 juta orang di Pakistan, Afghanistan dan India.

Menurut laporan saksi yang diposting di situs web EMSC dan Twitter, guncangan gempa juga terasa di ibu kota Afghanistan, Kabul, serta ibu kota Pakistan, Islamabad.

“Guncangan kuat dan lama,” ujar seorang saksi dari Kabul dalam postingan di EMSC.

“Itu kuat,” seorang saksi lain memposting dari Peshawar, Pakistan barat laut.

BACA JUGA:  Dua Orang Dilaporkan Tewas dalam Penembakan Brutal di Norwegia

Mohammad Amin Huzaifa, kepala Departemen Informasi dan Kebudayaan di Paktika, salah satu provinsi yang terkena gempa, mengatakan kepada AFP, bahwa jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Pejabat-pejabat pemerintah mengatakan mereka akan segera merilis rincian korban dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut.

Foto-foto yang diposting di media sosial menunjukkan beberapa rumah rusak parah di daerah pedesaan terpencil.

Afghanistan sering dilanda gempa bumi, terutama di wilayah pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Sumber: Detik.com