Dianggarkan Rp23 Miliar, Pembangunan Puskesmas III Denbar

DENPASAR, MENITINI.COM – Pemkot Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar tahun ini akan membangun Puskesmas III Denpasar Barat (Denbar) di lokasi eks TPS Jalan Gunung Agung.

Pembangunan puskesmas tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Denpasar dengan pagu anggaran sebesar Rp23.614.000.000.

Kepala PUPR Kota Denpasar, AA Ngurah Bagus Airawata, Jumat (19/1/2024) lalu mengatakan, puskesmas yang akan dibangun di atas lahan 23 are tersebut nantinya berlantai tiga dengan fasilitas ramah ibu dan anak.

Dikatakan, Feasibility study (FS) sudah selesai Desember 2023 lalu oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Sekarang masih tahap proses detail engineering design (DED).

BACA JUGA:  Hari Kesehatan, Pemkab Karangasem Beri Penghargaan Nakes Teladan

Proses tender akan langsung dilakukan setelah proses DED selesai pada Februari 2024. “Kami harapkan pembangunan puskesmas sudah bisa dimulai pada April 2024 mendatang dan selesai pada Desember 2024. Sekarang masih proses DED sampai Februari, langsung tender,” kata Bagus Airawata.

Kadis PUPR menyampaikan, selain pembangunan Puskesmas III Denpasar Barat, Pemkot Denpasar melalui Dinas PUPR akanmelaksanakan sejumlah program pembangunan pada tahun 2024 ini. Beberapa pembangunan lainnya yang akan direalisasikan yakni peningkatan infrastruktur jalan kota yang merupakan program prioritas.

Pembangunan konstruksi jalan yang akan dilaksanakan antara lain menyasar Jalan Cargo Indah IV, Jalan Cargo Indah IV Blok A, Jalan Cargo Indah I, dan Jalan Angsoka Cargo Permai I. Selanjutnya Jalan Gunung Sampang, Jalan Pondok Indah, Jalan Kembang Matahari, Jalan Kroya, dan Jalan Randu.

BACA JUGA:  Satgas Pamrahwan Yonif 721/Makkasau Adakan Pengobatan Gratis

Untuk rehabilitasi akan menyasar Jalan Tukad Badung, Jalan Malboro, Kawasan Jalan Kertha Dalem, kawasan Jalan Tukad Pakerisan, Kawasan Jalan Trengguli I, kawasan Jalan Sekar Tunjung, dan Jalan Pulau Moyo.

Rehabilitasi jalan dan pembuatan trotoar juga akan dilakukan di kawasan Jalan Sahadewa, Jalan Gatot Kaca, Jalan Yudistira, Jalan Kumbakarna, Jalan Merpati, dan Jalan Griya Anyar. Selain itu, dilaksanakan pula pemeliharaan Jalan Sidakarya dan Jalan Ratna.

Bagus Airawata menambahkan, Dinas PUPR Kota Denpasar di tahun 2024 ini juga akan melakukan renovasi atap Kantor Satpol PP Kota Denpasar dengan pagu anggaran Rp2,1 miliar lebih, serta Pembangunan Kantor Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Denpasar dengan pagu anggaran Rp5,6 miliar.

BACA JUGA:  Pabrik Fraksionasi Plasma Pertama di Indonesia Mulai Dibangun

Tahun ini Pemkot juga merealisasikan pembangunan Jembatan Tukad Badung menuju setra Desa Adat Pemogan. Hal ini guna memudahkan masyarakat sekitar untuk memperoleh akses saat pelaksanaan upacara pengabenan. “Jembatan yang ada sekarang itu sempit, sulit membawa membawa wadah saat pelaksanaan upacara ngaben, sehingga perlu diperlebar,” ujarnya. (M-003)

  • Editor: Daton