Curah Hujan Disertai Angin Kencang, Kapolda Minta Jajarannya Siaga

Mengantisipasi terjadi bencana alam, Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, S.H., M.Hum, memerintahkan seluruh jajarannya agar siaga penuh.
Mengantisipasi terjadi bencana alam, Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, S.H., M.Hum, memerintahkan seluruh jajarannya agar siaga penuh.

AMBON, MENITINI – Satu pekan ini curah hujan cukup tinggi, mengakibatkan banjir dan longsor di Kota Ambon dan sejumlah kabupaten.

Untuk itu,  Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH., M.Hum, memerintahkan seluruh jajarannya agar siaga penuh untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Para personil Polda Maluku dan Polres jajaran diminta siaga penuh menyusul cuaca ekstrim baik hujan lebat maupun angin kencang yang terjadi belakangan ini di sejumlah daerah.

“Kepada seluruh jajaran agar siaga penuh. Siapkan personil, peralatan untuk menangani cuaca ekstrim dan dampak curah hujan yang tinggi maupun rawan bencana alam,” pinta Kapolda di Ambon, Sabtu (9/7/2022).

BACA JUGA:  Sebarkan Foto Telanjang Mahasiswi di Medsos, Dedy Ahiyate Diamankan Polisi

Lotharia memerintahkan kepada Kapolsek maupun Bhabinkamtibmas agar dapat turun langsung memonitor peristiwa yang terjadi di lapangan bersama Babinsa, TNI maupun aparat desa.

“Terus monitor perkembangan cuaca dengan BMKG untuk antisipasi daerah-daerah yang padat pemukiman, namun rawan longsor atau banjir,” pintanya.

Pencegahan dini, kata Kapolda, penting dilakukan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana banjir, atau longsor, dan bencana lainnya.

“Pantau terus pemukiman warga sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan dini untuk menyelamatkan jiwa manusia dan kerugian materil,” harapnya.

Kepada masyarakat, terkhusus yang bermukim di bantaran sungai maupun lereng-lereng gunung, juga diminta selalu waspada.

Para pengguna jalan raya juga harus senantiasa berhati-hati dengan kondisi curah hujan yang tinggi.

BACA JUGA:  Hasil Tes PCR GM PLN Bali dan Jajaran Pejabat Negatif Covid-19

“Masyarakat juga agar waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas dengan situasi dan kondisi seperti ini. Segera info ke aparat keamanan dan aparat desa bila ada kejadian menonjol,” ingatnya. (M-009).