Senin, 24 Juni, 2024

Franky Widjaja, Chairman and CEO of Sinar Mas Agribusiness & Food and of Golden Agri-Resources Andreas Diantoro, Managing Director, SAP Indonesia and the SAP dan Sinar Mas management team. (Foto: Istimewa)

JAKARTA,MENITINI.COM-SAP SE telah mengumumkan bahwa Sinar Mas, memilih RISE with SAP untuk mendorong efisiensi operasional di seluruh organisasinya serta untuk memanfaatkan inovasi terbaru SAP termasuk Business AI dengan lebih baik.

Sinar Mas, sebagai salah satu pelanggan pertama SAP di Indonesia, pada awalnya akan memindahkan lima bisnisnya ke cloud dengan RISE with SAP, sebuah penawaran transformasi bisnis yang lengkap untuk solusi, infrastruktur, dan layanan cloud. 

Sebelumnya bergantung pada sistem on-premise, keputusan Sinar Mas untuk bermigrasi ke SAP S/4 HANA Cloud didorong oleh keinginan untuk merampingkan operasinya, meningkatkan kelincahan, berinovasi lebih cepat dan mendorong skalabilitas, semuanya dimungkinkan oleh inti digital yang bersih.

Langkah ini juga akan membantu Sinar Mas dalam mempersiapkan organisasinya di masa depan untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik, karena Artificial Intelligence (AI) terus mentransformasi lanskap bisnis di Indonesia.

SAP Business AI dibangun ke dalam aplikasi SAP yang mendukung proses bisnis yang kritikal. Hal ini terdiri dari berbagai inovasi AI yang telah dikembangkan dengan menggunakan data spesifik industri yang luas serta pengetahuan proses yang mendalam, semuanya dibuat dengan menggunakan praktik-praktik AI yang bertanggung jawab.

Franky Widjaja, Chairman dan CEO Sinar Mas Agribusiness & Food dan Golden Agri-Resources mengatakan, saat ini, perusahaan-perusahaan harus memastikan bahwa mereka dapat beradaptasi dengan cepat terhadap inovasi-inovasi baru, jika mereka ingin terus tumbuh dan mencapai ambisinya.

“Perpindahan kami ke cloud, dengan bantuan mitra jangka panjang kami, SAP, akan memastikan bahwa kami tidak hanya dapat menavigasi tantangan di masa depan dengan lebih baik, tetapi juga memanfaatkan manfaat di masa depan, seperti AI, sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Sementara Jesslyne Widjaja, Executive Director-Strategy & People di Golden Agri-Resources mengatakan, memiliki akses ke data yang akurat dan berkualitas tinggi dari seluruh organisasi kami sangat penting bagi Sinar Mas untuk dapat mengintegrasikan dan merampingkan kegiatan operasional kami dengan lebih baik. Dengan beralih ke Cloud ERP SAP, kami akan memiliki pandangan holistik atas data kami, yang akan memungkinkan kami untuk beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan yang berdampak pada semua industri tempat kami beroperasi..”

“Keputusan strategis Sinar Mas untuk mengadopsi RISE with SAP adalah contoh utama bagaimana perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia memanfaatkan teknologi cloud untuk membangun ketahanan dan kelincahan di pasar yang dinamis saat ini,” ujar Scott Russell, Chief Revenue Officer and Executive Board Member SAP SE. 

“Dengan memiliki kekuatan business AI yang terintegrasi langsung ke dalam proses bisnis inti mereka, Sinar Mas akan dapat membawa sejarah pertumbuhan dan inovasi mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Kami berharap dapat mendukung Sinar Mas dalam fase baru yang menarik dari transformasi bisnis mereka,” tambahnya.   

Verena Siow, President and Managing Director SAP South East Asia mengatakan, selama kemitraan dengan Sinar Mas yang telah berlangsung selama 28 tahun, Sinar Mas selalu melihat masa depan dan apa yang harus dilakukan untuk terus tumbuh dan berkembang. Perpindahannya ke teknologi cloud dengan RISE bersama SAP mencerminkan pendekatan yang berorientasi ke depan dan akan menyiapkan Sinar Mas untuk menjadi perusahaan yang memiliki masa depan yang lebih baik dalam melayani pelanggannya dan terus berkontribusi pada perekonomian nasional Indonesia.

  • Editor: Daton