Senin, 24 Juni, 2024

(Autonomous Rail Transit (ART) (Foto: Dok: Wikipedia)

JAKARTA,MENITINI.COM-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba proyek kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan pada Agustus 2024 mendatang.

“Kita harapkan Agustus nanti sudah bisa dilakukan uji coba kereta otonom tanpa rel di IKN,” ujar Budi seusai menghadiri pembukaan “The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024” di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Proyek ART di IKN, kata Budi belum menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan masih dalam tahap uji coba. “Belum komersial dan belum merupakan pembangunan yang menggunakan APBN, ini masih tahap uji coba,” ungkap Menhub Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Groundbreaking Nusantara Sustainability Hub di IKN

ART tersebut akan diimpor dari China dan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

Satu set ART terdiri dari dua gerbong, dengan total kapasitas penumpang sebanyak 324 orang. Kecepatan operasionalnya 40 kilometer per jam dan maksimal 70 kilometer per jam.

ART tersebut beroperasi di kawasan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, dengan tahap pembangunan rute dilakukan dalam dua fase.

Adapun panjang jalur ART Fase I sekitar 1,2 kilometer, sedangkan panjang jalur Fase II adalah mencapai 5,2 kilometer. Saat beroperasi nanti, jalur dan halte ART akan berbagi dengan Bus Rapit Transit (BRT).

Menurut Budi, saat ini pembangunan ART berjalan sesuai rencana. Untuk diketahui, berdasarkan informasi dari laman resmi China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC), kereta otonom pertama kali dikembangkan oleh CRRC pada 2017.

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Energi di IKN Harus 100 Persen Hijau