Uskup Larantuka Ijinkan Perayaan Semana Santa 2023

Prosesi laut Semana Santa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur. (Foto: Selatanindonesia.com/ jungleKey.in)
Prosesi laut Semana Santa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur. (Foto: Selatanindonesia.com/ jungleKey.in)

LARANTUKA,MENITINI.COM– Uskup Larantuka, Yang Mulia Mgr. Frans Kopong Kung, Pr mengijinkan pelaksanaan Semana Santa tahun 2023 di wilayah Keuskupan Larantuka. Ijin dari Uskup Larantuka itu tertuang dalam Surat bernomor KL10/V.l/l./2023 tertanggal 10 Januari 2023.

Surat perihal Perayaan Semana Santa tahun 2023 tersebut ditujukan kepada para Imam, Biarawan-Biarawati dan Seluruh Umat Keuskupan Larantuka.

Surat tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil sidang pada Rabu (7/22/2022) di pelataran Pastoran Katedral Reinha Rosari Larantuka, serta setelah mendengarkan masukan dari berbagai pihak yang bertanggung jawab serta mempertimbangkan hal-hal terkait. Keuskupan Larantuka memberitahukan bahwa perayaan Semana Santa 2023 akan dibuka secara publik di seluruh wilayah gereja lokal Keuskapan Larantuka.

BACA JUGA:  Untuk Ketiga Kali Prosesi Semana Santa Ditiadakan, Ini Penjelasan Uskup Larantuka

“Paroki-paroki yang memiliki tradisi Semana Santa diizinkan untuk kembali merayakannya seperti sebelurn pandemi Covid-19. Namun harus memenuhi sejumlah harapan,” demikian penjelasan.

Sejumlah harapan itu diantaranya, seluruh umat di wilayah Keuskupan Larantuka khususnya para pemangku kepentingan, misalnya panitia. suku-suku semana dan lain-lain, sangat diharapkan mempersiapkan diri dengan baik melalui rekoleksi bersama, tobat dan pengakuan dosa pribadi. “Pertobatan batin merupakan aspek terpenting dalam mempersiapkan perayaan tersebut. Para imam diminta
untuk mernperhatikan aspek rohani ini agar semua umat benar-benar siap merayakannya,” sebut Uskup Larantuka.