Sabtu, 18 Mei, 2024

Timnas U-23 Iraq lolos ke final setelah mengalahkan Iraq, pada laga semifinal Piala Asia 2024. (Foto: Net)

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas U-23 Jepang melaju ke final setelah mengalahkan Iraq dalam laga Piala Asia yang digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Selasa (30/4/2024) dini hari.

Di babak pertama, dua gol milik Mao Hosoya dan Ryotaro Araki mampu bersarang ke gawang Iraq. Timnas Jepang U23 lebih menguasai jalannya pertandingan di babak pertama. Jepang mampu mengurung pertahanan Irak nyaris mencetak gol pada menit 10 lewat striker andalannya, Mao Hosoya. Mendapatkan umpan terobosan, Hosoya yang lolos dari jebakan offside membawa bola dan melepaskan tendangan menyusur tanah tapi bisa dihalau dengan kaki kiri kiper Irak, Hussein Hasan.

Semenit kemudian giliran Irak yang mengancam gawang Jepang lewat tendangan Ali Jasim dari luar kotak penalti. Tapi bola tendangan Jasim bisa ditepis kiper Kokubo. Hingga menit 20 babak pertama, skor Jepang U23 vs Irak U23 masih sama kuat 0-0.

BACA JUGA:  Tokyo Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo

Striker Jepang, Mao Hosoya memecah kebuntuan dengan mencetak gol pada menit 28 untuk membawa Samurai Biru unggul 1-0.

Hosoya melepaskan tendangan mendatar tanpa bisa dijangkau kiper Iraq. Timnas Irak U23 harus kehilangan striker andalannya, Salem Ahmed pada menit 32 akibat cedera. Usai Hosoya mencetak gol, timnas Jepang U23 tidak mengendurkan serangannya ke pertahanan Iraq. Jepang tidak membiarkan permainan Ali Jasim cs berkembang di babak pertama ini.

Jepang menambah keunggulan menjadi 2-0, lewat sepakan kaki Ryotaro Araki pada menit 42 memanfaatkan kerja sama one-two dengan kapten, Fujita. Hingga babak pertama berakhir, Jepang masih unggul 2-0 atas Irak di semifinal Piala Asia U23.

BACA JUGA:  Tumbangkan Korsel, Garuda Muda Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Masuk babak kedua, Jepang kembali mendapat peluang mencetak gol pada menit 68, namun bola tendangan voli Yamada bisa ditangkap kiper Iraq. Lini pertahanan Jepang tampil solid hingga menit 70. Timnas Iraq yang kehilangan Salem Ahmed di babak pertama tidak bisa berbuat banyak untuk membongkar rapatnya kerja sama para pemain Jepang. Iraq nyaris merobek gawang Jepang pada menit 74, sayang sontekan Blnd Azad memanfaatkan umpan tarik bisa diblok dan membentur mistar gawang, Pemain Iraq terus berusaha mencetak gol guna mengejar ketertinggalan. Tendangan kapten Iraq, Zaid Tahseen, masih melambung tinggi. Hingga pertandingan berakhir, Jepang tetap unggul 2-0 atas Iraq dan berhak melaju ke final bertemu Uzbekistan yang menyingkirkan Indonesia di babak semifinal dengan skor 2-0.

BACA JUGA:  Kabar Baik, Nathan Diijinkan Clubnya SC Heerenveen, Perkuat Garuda Muda di Piala Asia 2024

Editor: Daton